Penulis Utama : Arief Dharma
NIM / NIP : H0713029
×

Abstrak

Padi Hitam merupakan salah satu jenis dari tanaman padi (Oryza sativa L.) dimana memiliki kadar antosianin yang tinggi dibandingkan jenis padi pada umumnya. Terdapat beberapa varietas padi hitam lokal yang telah dibudidayakan di daerah Solo dan sekitarnya, antara lain Cempo Ireng, IPB, dan Gagak. Antosianin merupakan senyawa flavonoid dimana sebagai zat warna, juga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Potensial besar yang terdapat pada kandungan beras hitam dan juga masih terbatasnya plasma nutfah yang tersedia menjadikan penelitian karakteristik morfologi tanaman padi hitam perlu dilaksanakan demi memenuhi bahan pemuliaan tanaman padi hitam yang bersifat unggul. Kandungan antosianin yang tinggi menjadi salah satu potensi sifat keunggulan beras hitam.
Hasil penelitian dengan analisis dendogram menunjukkan bahwa morfologi pada fase vegetatif tanaman masing-masing sampel varietas menyebar dan tidak terjadi pengelompokkan antara tiga varietas tanaman padi hitam yang diujikan pada tingkat kemiripan 61% - 64%. Berbeda dengan analisis dendogram pada morfologi fase generatif tanaman dimana terjadi pengelompokkan antara varietas IPB dengan varietas Gagak pada tingkat kemiripan 54% - 71%. Hasil pengujian kadar total antosianin menggunakan metode diferensiasi pH, dimana varietas Gagak memiliki kandungan antosianin lebih tinggi daripada varietas IPB (Rata-rata kandungan antosianin Gagak : 79,82 mg/100g ; IPB : 40,82 mg/100g).

×
Penulis Utama : Arief Dharma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0713029
Tahun : 2017
Judul : Keragaman Morfologi dan Kandungan Antosianin Beberapa Varietas Lokal Padi Hitam pada Agroekosistem Sawah Dataran Rendah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agroteknologi-H0713029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M. Sc.
2. Prof. Dr. Ir. Nandariyah, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.