Penulis Utama : Taufik Wahyu Permana
NIM / NIP : K4412076
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) perencanaan implementasi  nilai-nilai  keteladanan  Ir.  Soekarno  dalam  pembelajaran  sejarah kelas   XI   IPS   di   SMA   Negeri   1   Tawangsari   Kabupaten   Sukoharjo;   (2) implementasi  nilai-nilai  keteladanan  Ir.  Soekarno  dalam  pembelajaran  sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo; (3) evaluasi implementasi  nilai-nilai  keteladanan  Ir.  Soekarno  dalam  pembelajaran  sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo; (4) kendala yang dihadapi oleh guru sejarah dan solusi dalam melakukan implementasi nilai- nilai keteladanan Ir. Soekarno dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yakni guru sejarah dan peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa, dan tempat, serta dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan implementasi nilai-nilai keteladanan Ir. Soekarno dalam pembelajaran sejaraholeh guru  dimulai dengan menyusun RPP yang memuat KD 3.9 tentang riwayat perjuangan beserta nilai-nilai keteladanan yang tampak pada tokoh Ir. Soekarno. Guru menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013; (2)   pelaksanaan implementasi nilai-nilai keteladanan Ir. Soekarno tidak hanya melalui pembelajaran sejarah dan budaya sekolah (pembinaan upacara, pembinaan oleh wali kelas, pembinaan oleh STP2k, pembinaan  oleh  guru  BK,  dan  kegiatan  kemitraan  dengan  pihak  luar,  serta kegiatan  kepramukaan),  tetapi  juga  melalui  kegiatan  home  visit.  Nilai-nilai keteladanan  Ir. Soekarno adalah semangat pantang menyerah,  cinta  tanah air, tanggung jawab, persatuan, dan toleransi; (3) evaluasi pembelajaran sejarah yang mengimplementasikan   nilai-nilai   keteladanan   Ir.   Soekarno   dilakukan   guru meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; (4) kendala yang ditemui guru sejarah  dalam  pelaksanaan  implementasi  nilai-nilai  keteladanan  Ir.  Soekarno antara   lain   kurangnya   minat   belajar   sejarah   yang   dimiliki   peserta   didik, keterbatasan sumber belajar, dan fasilitas pembelajaran yang rusak. Solusi untuk mengatasi    kendala-kendala    tersebut    adalah    guru    menggunakan    strategi pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif untuk meningkatkan minat dan motivasi  belajar  peserta  didik,  serta  guru  yang  dibantu  pihak  sekolah  dapat memberikan penambahan sumber belajar seperti buku  biografi tokoh Ir. Soekarno dan perbaikan LCD projector sebagai penunjang proses pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : nilai-nilai keteladanan Ir. Soekarno, penanaman karakter, pembelajaran sejarah.

×
Penulis Utama : Taufik Wahyu Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412076
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Nilai-Nilai Keteladanan Ir. Soekarno dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4412076-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Isawati, S.Pd., M.A.
2. Dra. Sri Wahyuni, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.