Penulis Utama : Riyan Herman Bintoro
NIM / NIP : C9413047
×

ABSTRAK

Wayang Orang Sriwedari adalah salah satu contoh peninggalan kebudayaan dan suatu pertunjukan kesenian besar yang seharusnya dapat menarik perhatian besar dari masyarakat lokal maupun mancanegara dan dari situlah diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kota Solo, seperti halnya pagelaran Sendratari Ramayana di pelataran candi Prambanan Yogyakarta, tetapi hal tersebut tidak akan terlaksana dengan baik tanpa peran sistem pemasaran yang baik dan tepat.
Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran informasi yang berhubungan dengan strategi pemasaran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak manajemen Wayang Orang Sriwedari mempunyai strategi pemasaran dengan cara menggabungkan pemasaran secara langsung dan tidak langsung dan dengan memanfaatkan kecanggihan media informasi atau jejaring sosial. Dalam melakukan upaya pemasaran juga mendapati beberapa kendala antara lain kendala internal berupa kurang sinkronnya antara pihak penyelenggara pertunjukan dengan pihak Marketing yang berakibat pada terganggunya sistem pemasaran, banyaknya biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sistem pemasaran tersebut juga turut menjadi kendala, sedangkan dari kendala eksternal yang menjadi permasalahan pokok adalah kurangnya minat masyarakat terhadap kesenian tradisional, dan kurangnya jumlah kunjungan wisatawan Inbond yang berkunjung ke kota Solo.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah sistem pemasaran yang digunakan harus lebih ditingkatkan lagi dari segi intensitas penerapan dan jangkauannya.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Wayang Orang Sriwedari

 

×
Penulis Utama : Riyan Herman Bintoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9413047
Tahun : 2017
Judul : Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Di Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya, C9413047-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Insiwi. Febriary Setiasih, SS, MA.
2. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.