Penulis Utama : Zulfi Hadiid Maula
NIM / NIP : C9413064
×

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Potensi Obyek Wisata Umbul Manten serta pengembangannya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah, potensi yang dimiliki, kendala – kendala yang dihadapi serta upaya pengembangan yang dilakukan oleh instansi terkait terhadap kemajuan potensi Umbul Manten sebagai Obyek Wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi.
Penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Obyek Wisata Umbul Manten. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Obyek Wisata Umbul Manten memiliki potensi yang menarik di Kabupaten Klaten untuk dikembangkan. Adapun potensi yang dimiliki oleh kawasan Umbul Manten adalah berupa wisata air yang digunakan untuk relaksasi badan, maupun untuk foto di dalam air. Sarana dan prasarana baik fisik maupun non fisik perlu dikembangkan, dalam perbaikan dan perhatian yang lebih. Selain itu upaya pengembangan dan faktor penghambat yang ada perlu perhatian dan tindakan dari pihak pengelola dan masyarakat setempat mengingat hal ini penting dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para wisatawan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Obyek Wisata Umbul Manten memiliki potensi sebagai wisata alam unggulan di Kabupaten Klaten yang dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung. Namun hal ini masih kurang dukungan dari pihak pengelola dan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan dan mengembangkan Obyek Wisata Umbul Manten.
Kata Kunci : Obyek Wisata, Potensi Wisata, Umbul Manten

 

×
Penulis Utama : Zulfi Hadiid Maula
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9413064
Tahun : 2017
Judul : Potensi Dan Pengembangan Obyek Wisata Umbul Manten Di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya, C9413064-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S, M.Hum
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.