Penulis Utama : Agung Eka Purnama
NIM / NIP : K1313001
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis pendekatan kontekstual, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) atau model pembelajaran langsung (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan keaktifan belajar tinggi, sedang atau rendah pada materi trigonometri (3) pada masing-masing model pembelajaran (model pembelajaran kooperatif tipe  Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis pendekatan kontekstual, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) atau model pembelajaran langsung) manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik, siswa dengan keaktifan belajar tinggi, sedang atau rendah (4) pada masing- masing  keaktifan  belajar  (tinggi,  sedang,  rendah)  manakah  yang  memberikan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis pendekatan kontekstual, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) atau model pembelajaran langsung.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 9 kelas dengan banyaknya siswa 283. Sampel yang digunakan yaitu 3 kelas dengan jumlah total siswa ketiga kelas tersebut adalah 96 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling random kluster. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 6 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang  digunakan  adalah  metode  dokumentasi  untuk  mengumpulkan  data  yang berupa  data  nilai  UTS  matematika  wajib,  metode  angket  untuk  data  keaktifan belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi trigonometri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilakukan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi  ganda  dengan  menggunakan  metode  Scheffe.  Sebagai  persyaratan analisis  yaitu  populasi  berdistribusi  normal  menggunakan  uji  Lilliefors  dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis pendekatan kontekstual, Two Stay Two Stray (TSTS) dan pembelajaran Langsung menghasilkan prestasi belajar matematika pada materi trigonometri yang sama (2) tingkat keaktifan belajar matematika siswa (tinggi, sedang dan rendah) menghasilkan prestasi belajar yang sama pada materi trigonometri. (3) pada masing-masing model pembelajaran (model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis pendekatan kontekstual, model pembelajaran  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS)  atau  model  pembelajaran  langsung) memiliki prestasi belajar yang sama baik siswa dengan keaktifan belajar tinggi, sedang atau rendah pada materi trigonometri (4) pada masing-masing keaktifan belajar (tinggi, sedang, rendah) dihasilkan prestasi belajar matematika yang sama pada siswa yang dikenai model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berberbasis  pendekatan  kontekstual,  model  pembelajaran  Two  Stay  Two  Stray (TSTS) atau model pembelajaran langsung pada materi trigonometri

Kata  kunci  :  model  Two  Stay  Two  Stray  -  kontekstual,     keaktifan  belajar matematika,  trigonometri,  prestasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Agung Eka Purnama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313001
Tahun : 2017
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Two Stay Two Stray (TSTS)” Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Trigonometri Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Matematika-K1313001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M. Pd.,
2. Yemi Kuswardi, S. Si, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.