Penulis Utama : Dewi Nawang Suprihatin
NIM / NIP : H0813043
×

ABSTRAK

Indonesia  merupakan  salah  satu  negara  dengan  kekayaan  alam  terbesar didunia. Pemnfaatan sumber daya alam dalam bidang pariwisata menjadi daya tarik untuk menambah devisa. Pariwisata menyumbang devisa terbesar ke-5 di Indonesia pada  tahun  2015.  Salah  satu  Agrowisata  di  Jawa  Tengah  adalah  Agrowisata Sondokoro yang merupakan proyek diversifikasi dari PTPN IX Jawa Tengah. Jumlah pengunjung yang selalu menurun menjadikan alasan kenapa peneltian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pelayanan yang diberikan kepada pengunjung. Metode dasar dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan teknik survey. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dimana peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan  wawancara  dengan  alat  bantu  kuisioner.  Jumlah  sampel  yang diambil adalah 138 orang responden. Analisis menggunakan Gap Service, Importance- Performnace Analysis dan Uji Regresi.
Hasil dari gap service  menunjukan  hasil bahwa ada perbedaan  yang besar antara  harapan  konsumen  dengan  tingkat  kinerja  pelayanan.  Nilai  rata rata  gap service   sebesar   0,542391   secara   jelas   menggambarkan  kinerja   Agrowisata Sondokoro  belum  sesuai  dengan  harapan  konsumen.   Sehingga  diketahui  posisi dimensi   dalam   kuadran   pelayanan   melalui   Importance-Performance  Analysis pada diagram kartesius menunjukkan letak titik koordinat setiap dimensi pelayanan berada  pada  kuadran   A,C  dan  D  dengan   keterangan   kuadran   A  terdiri  dari dimensi jaminan(assurance) dan bukti fisik (tangible),  lalu kuadran  C terdiri dari empati  (emphaty)  dan  kuadaran  D  terdiri  dimensi  kehandalan   (reliability)   dan daya  tanggap  (responsiveness). Setelah pengujian  Regresi dilakukan  di dapatkan  hasil, secara keseluruhan dimensi kualitas pelayanan berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen di Agrowisata Sondokoro. Tetapi secara parsial (individu) dimensi yang signifikan berpengaruh nyata adalah dimensi kehandalan (reliability), jaminan(assurance) dan bukti fisik (tangible). Untuk dimensi daya tanggap (responsiveness) dan empati (emphaty) secara signifikan tidak berpengaruh nyata.
Saran   untuk   Agrowisata    Sondokoro    dengan    hasil   kurang    puasnya pengunjung  karena  adanya  perbedaan  gap yang  besar  setiap  dimensi  pelayanan antara kinerja pelayanan  dan harapan  konsumen,  manajemen  mampu  mengetahui kemauan konsumen sehingga melakukan perbaikan dari segi fasilitas maupun pelayanan,  dengan  pengontrolan fasilitas  dan pegawai  sehingga  didapatkan  hasil pelayanan   yang  maksimal.   Hal  tersebut  dapat  dilakukan   melalui  peningkatan sumber daya pegawai dalam mengelola  dan menyampaikan pelayanan  agrowisata ini dan meningkatkan fasilitas pengunjung.

 

×
Penulis Utama : Dewi Nawang Suprihatin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813043
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Taman Agrowisata Sondokoro PTPN IX Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H0813043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P.
2. Erlyna Wida Riptanti, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.