Penulis Utama : Diyah Dwi Astuti
NIM / NIP : C0213020
×

ABSTRAK

Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini, yakni adanya leksem yang terdapat dalam kamus khususnya Kamus Besar Bahasa Indonesia yang definisinya  masih  berputar-putar  atau  mengalami  ketumpangtindihan.  Leksem yang akan didefinisikan, muncul pada arti leksem lain. Permasalahan tersebut akan membuat pengguna bahasa kurang tepat dalam memilih leksem yang dimaksud.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana komponen  makna  yang  terkandung  di  dalam  butir  leksem  pembentuk  medan makna berkonsep pekerjaan dalam bahasa Indonesia? (ii) Bagaimana relasi makna yang terkandung dalam medan makna berkonsep pekerjaan dalam bahasa Indonesia?.
Tujuan dalam penelitian ini mencakup dua hal, yakni (i) mendeskripsikan komponen  makna  yang  terkandung  di  dalam  butir  leksem  pembentuk  medan makna berkonsep pekerjaan dalam bahasa Indonesia, (ii) mendeskripsikan relasi makna yang terkandung dalam medan makna berkonsep pekerjaan dalam bahasa Indonesia.
Data penelitian ini berupa leksem-leksem yang berkonsep pekerjaan dalam bahasa Indonesia  yang berciri +MANUSIA +PEKERJAAN +PENDAPATAN. Kemudian, digunakan kalimat diagnostik dengan unsur but-test untuk menguji reaksi  semantis  (+),  (o),  (*),  dan  kalimat  perikutan  untuk  mengecek  reaksi semantis (-). Sumber data yang digunakan adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Kemudian dilanjutkan dengan analisis komponen makna yang digunakan untuk mengurai arti leksikal.
Simpulan pada penelitian ini adalah (i) analisis komponen makna pada leksem pembentuk medan makna berkonsep perkerjaan dalam bahasa Indonesia ditemukan 30 dimensi makna dan 158 komponen makna. Komponen makna itu terdiri atas komponen makna bersama dan komponen makna diagnostik. (ii) relasi makna yang terjalin dalam medan makna ini adalah relasi hiponim, sinonim, dan inkompatibilitas. Relasi-relasi ini diketahui dari komponen diagnostik yang telah dilakukan.

Kata Kunci: Medan Makna, Dimensi Makna, Komponen Makna, Relasi Makna.

 

×
Penulis Utama : Diyah Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213020
Tahun : 2017
Judul : Medan Makna Berkonsep Pekerjaan dalam Bahasa Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia-C0213020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.