Penulis Utama : Ganes Dwi Anggari
NIM / NIP : C0213028
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana bentuk figurasi yang diwujudkan melalui bahasa dalam novel Jatisaba sebagai representasi dari pandangan Ramayda Akmal terkait dengan kondisi ketidaksadarannya? (2) Bagaimana bentuk kondensasi yang diwujudkan melalui bahasa dalam novel Jatisaba sebagai representasi dari pandangan Ramayda Akmal terkait dengan kondisi ketidaksadarannya? (3) Bagaimana bentuk pemindahan yang diwujudkan melalui bahasa dalam novel Jatisaba sebagai representasi dari pandangan Ramayda Akmal terkait dengan kondisi ketidaksadarannya? (4) Bagaimana bentuk simbolisasi yang diwujudkan melalui bahasa dalam novel Jatisaba sebagai representasi dari pandangan Ramayda Akmal terkait dengan kondisi ketidaksadarannya?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Objek material dalam penelitian ini adalah novel Jatisaba karya Ramayda Akmal,  sedangkan  objek  formal  dalam  penelitian  ini  adalah  pergolakan  jiwa pengarang yang digambarkan melalui bahasa dan simbol-simbol yang terdapat dalam novel Jatisaba. Data dalam penelitian ini dibagi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer mencakup segala hal yang berkaitan dengan pergolakan jiwa Ramayda Akmal yang meliputi: biografi atau riwayat hidup Ramayda Akmal, isi dari novel Jatisaba dilihat dari simbol kebahasaan, dan wawancara dengan pengarang, sedangkan  data sekunder mencakup  beberapa hal  yang berkaitan  dengan  kondisi psikologi Ramayda Akmal. Sumber data dalam penelitian ini,  yaitu  sumber data primer yang diperoleh dari novel Jatisaba karya Ramayda Akmal dan sumber data sekunder yang diperoleh dari karya-karya Ramayda Akmal dan segala artikel yang berkaitan dengan Ramayda Akmal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan membaca data dan mencatat data serta wawancara dengan pengarang novel Jatisaba. Teknik analisis data dalam penelitian ini berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud oleh Max Milner dalam bukunya yang berjudul Freud dan Interpretasi Sastra.
Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Bentuk figurasi terletak pada ungkapan perasaan Ramayda Akmal melalui peristiwa-peristiwa yang pernah dialaminya  dalam  bentuk  kata-kata  pada  novel  Jatisaba.  (2)  Bentuk  kondensasi terjadi pada proses penciptaan tokoh dan latar dalam novel Jatisaba yang merupakan representasi dari pengalaman Ramayda Akmal. (3) Bentuk pemindahan dilihat pada penggunaan pengganti bunyi suatu ujaran atau metonimi dalam novel Jatisaba. (4) Bentuk simbolisasi dilihat pada penggunaan metafora dalam novel Jatisaba.

 

×
Penulis Utama : Ganes Dwi Anggari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213028
Tahun : 2017
Judul : Pergolakan Jiwa Pengarang dalam Novel Jatisaba Karya Ramayda Akmal: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia- C0213028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.