Penulis Utama : Muhammad Mujibur Rahman
NIM / NIP : C0210044
×

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian adalah (1) fakta cerita, tema, dan sarana cerita dalam novel Tahta Mahameru karya Azzura Dayana. (2) hubungan antarunsur yang terdapat dalam Tahta Mahameru karya Azzura Dayana. (3) nilai moral yang terdapat dalam novel Tahta Mahameru karya Azzura Dayana. Tujuan penelitian ini adalah (1) mejelasakan fakta cerita, tema, dan sarana cerita dalam novel Tahta Mahameru karya Azzura Dayana. (2) menjelaskan hubungan antarunsur yang terdapat dalam novel Tahta Mahameru karya Azzura Dayana. (3) menjelaskan  nilai  moral  yang  terdapat  dalam  novel  Tahta  Mahameru  karya Azzura Dayana.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural Robert Stanton dengan penelitian kualitatif. Novel Tahta Mahameru objek material dan objek formal berupa unsur-unsur pembangun, hubungan antarunsur pembangun dan nilai moral dalam novel Tahta Mahameru. Sumber data utama adalah novel Tahta Mahameru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka.
Simpulan dari penelitian adalah (1) Fakta cerita menggunakan alur maju dengan teknik backtracking. Terdapat tiga karakter utama dan beberapa karakter bawaan. Latar tempat utama adalah desa Ranu Pane, Tanjung Bira, penjara dan puncak Mahameru. Terdapat latar waktu parsial dan latar waktu yang diasosiasikan. Latar sosial yang meliputi keadaan sosial masyarakat suku Bugis, jawa. Latar atmosfer meliputi suasana yang hening, seru, haru, dan bahagia yang membangun karakter tokoh dan unsur-unsur lainnya. (2) Tema sentral meliput sebuah arti kehidupan yang berhubungan dengan Allah dan tema bawaan adalah arti sebuah kehidupan dalam keluarga. (3) Sarana sastra terdapat judul Tahta Mahameru bermakna Allah Yang Maha Besar. Sudut pandang dalam novel Tahta Mahameru adalah orang pertama-utama yang diperankan oleh tiga tokoh utama yang bergantian mengisi posisi sudut pandang tersebut. Gaya penulisan novel menggunakan berbagai macam majas ( personifikasi, Asosiasi, Simile, Simboloik, Alegori, dan Metafora), menggunakan berbagai bahasa (Bugis, Jawa, Indonesia, Inggris, dan Betawi), serta kutipan dari syair Kahlil Gibran dan Sapardi Djoko Damono dan lirik lagu. Tone yang terdapat dalam novel Tahta Mahameru adalah sebuah perlawanan terhadap budaya Barat yang melekat dalam orang timur yang digambarkan melalui sebuah nilai-nilai budaya Timur dalam memerangi budaya Materialisme.  (4)  Unsur-unsur  dalam  fakta  cerita  yaitu  alur,  tokoh,  dan  latar saling berhubungan dan unsur-unsur tersebut memperkuat keberadaan tema. (5) Nilai moral yang terkandung meliputi nilai moral individu, nilai moral social, dan nilai moral religius.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Mujibur Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210044
Tahun : 2017
Judul : Struktur Pembangun dalam Novel Tahta Mahameru Karya Azzura Dayana: Kajian Struktural
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia- C0210044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wiranta, M.S.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.