Penulis Utama : Raras Martatian
NIM / NIP : D0113082
×

ABSTRAK

Pembangunan pertanian yang berwawasan agribisnis perlu dilakukan pembinaan kepada petani melalui kelompok tani. Bantuan PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan) ini merupakan bentuk bantuan program pemerintah untuk memudahkan masyarakat mengakses modal pertanian. Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) merupakan salah satu penyedia jasa keuangan bagi pengusaha kecil, mikro bahkan usaha menengah. Pada umumnya LKMA memberikan jasa keuangan dalam bentuk kredit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) di Desa Gledeg Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Dari penelitian yang diteliti peneliti menunjukkan bahwa hasil yang dilihat dari 5 kriteria : 1) pencapaian tujuan progrom PUAP Desa Gledeg sudah efektif bisa dilihat dari pelaksanaan program dan pengelolaan hasil dapat berjalan dengan seimbang, 2) efisiensi program PUAP Desa Gledeg belum efektif karena kuantitas&kualitas hasil panen berkurang akibat hama wereng, waktu tanam serta pencapaian target belum maksimal, 3) kepuasan kelompok program PUAP sudah dikatakan efektif karena dari dampak dari PUAP bagus sekali, manfaat dengan adanya PUAP dan pengaruh PUAP dinilai sangat membantu warga dalam akses permodalan 4) daya tanggap klien bisa dikatakan cukup efektif terlihat dari masyarakat tani yang sudah mendapatkan pinjaman maupun yang belum mendapatkan pinjaman PUAP 5) Pada kriteria sistem pemeliharaan sudah efektif karena keberlanjutan dana PUAP dan kepatuhan masyarakat tani sudah paham akan aturan-aturan yang harus ditaati saat peminjaman PUAP berlangsung. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Program PUAP Di Desa Gledeg Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten dapat dikatakan cukup efektif untuk meningkatkan kesejahteraan warga khususnya dibidang pertanian.

Kata Kunci : Efektivitas, Program PUAP , Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis

×
Penulis Utama : Raras Martatian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113082
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) di DESA Gledeg Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten (Studi Tentang Penggunaan Dana PUAP Oleh Petani Melalui LKMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Administrasi Negara-D0113082-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lestariningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.