Penulis Utama : Resa Melinda Ayu Pratiwi
NIM / NIP : D0113085
×

ABSTRAK

Upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan, penempatan dan perlindungan kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pada tahun 2011, dengan mengeluarkan Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN). SISKOTKLN ditetapkan mengacu pada strategi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Data-data penelitian ini divalidasi dengan dua cara yaitu trianggulasi dan pengujian reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan linier dan hierarkhis (Creswell).
Temuan dari penelitian ini adalah SISKOTKLN sudah dipromosikan dan diimplementasikan di seluruh Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten di Indonesia sejak tahun 2011, namun tidak pada TKI, Eks-TKI dan PL. Diketahui bahwa hanya SISKOTKLN yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan, penempatan dan perlindungan pada TKI di Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar. SISKOTKLN dijalankan menggunakan internet, dimana anggaran dan modal berasal dari BNP2TKI. Pengoperasian SISKOTKLN mendapat dukungan berupa adanya bimbingan teknis dari BNP2TKI serta terhubungnya data Calon TKI dengan DISDUKCAPIL. Adanya perbaikan teknologi SISKOTKLN, berdampak login pegawai yang semula dengan fingerprint menjadi menggunakan NIK, serta Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar yang tidak lagi menjadi editor dalam SISKOTKLN. Diketahui tidak ada ketegasan informasi pendaftaran menjadi TKI oleh BNP2TKI. Dalam SISKOTKLN data TKI terjaga kerahasiaannya dengan menggunakan password. Koordinasi antara Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar dengan BNP2TKI belum dikoordinasi, karena data yang diunggah oleh BNP2TKI tidak dapat diakses oleh Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar serta PPTKIS Karanganyar. Dengan adanya SISKOTKLN lebih efektif dan efisien, karena by system.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi strategis SISKOTKLN pada TKI di Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar sudah baik, namun masih perlu perbaikan pada beberapa indikator. Saran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah mempromosikan SISKOTKLN pada CTKI, Eks-TKI dan PL, kemudian menjadikan Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar serta PT Alkurnia Sentosa Internasional sebagai editor dalam SISKOTKLN, serta menciptakan transparansi informasi pendaftaran menjadi TKI melalui pamflet atau website BNP2TKI.

Kata Kunci: Implementasi Strategis; Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri; Tenaga Kerja Indonesia

×
Penulis Utama : Resa Melinda Ayu Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113085
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Strategis Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) pada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Administrasi Negara-D0113085-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rino Ardhian Nugroho, S.Sos, M.T.I.,Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.