Penulis Utama : Titania
NIM / NIP : S431508035
×

ABSTRAK

Fungsi audit telah menjadi bagian integral dari manajemen keuangan pemerintah dan instrumen untuk meningkatkan kinerja di sektor publik. Salah satu unit pada Pemda yang melaksanakan audit atau pemeriksaan di lingkungan Pemda adalah APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah). Dalam pelaksanaan tugasnya, menurut PP No. 60 Tahun 2008, APIP memiliki peran baru yaitu sebagai pengawas akuntabilitas keuangan negara, pembinaan SPIP, dan reviu laporan keuangan pusat dan pemerintah daerah. Dengan peran baru ini, tugas APIP tidak hanya sebagai pengawas pengelolaan keuangan namun, bersinergi dengan mitra kerja untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, seberapa besar peran yang telah dilakukan oleh APIP dalam rangka peningkatan opini laporan keuangan pada Pemda yang untuk pertama kalinya memperoleh opini WTP.
Penelitian ini menguji pengaruh variabel kompetensi SDM APIP, tindak lanjut temuan audit, reviu oleh APIP, dan pemeringkatan APIP terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer, yaitu kuesioner dan diolah dengan model regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua variabel, yaitu kompeteni SDM dan tindak lanjut temuan audit yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Variabel-variabel independen yang dipilih dalam penelitian ini hanya mampu menjelaskan variabel dependen kelemahan pengendalian intern sebesar 24,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian ini.
Kata Kunci:     APIP, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Pertama Kali WTP.

 

×
Penulis Utama : Titania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431508035
Tahun : 2017
Judul : Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Magister Akuntansi- S431508035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Falikhatun, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.