Penulis Utama : Ragil Tulus Kurniati
NIM / NIP : F1315073
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh 10 variabel independen yang dikelompokkan dalam 3 kategori yaitu karakteristik personal, lingkungan organisasi, dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja pemeriksa. Variabel yang ada dalam kategori karakteristik personal adalah gender, tingkat pendidikan, tingkat jabatan, dan masa kerja. Kategori lingkungan organisasi terdiri dari hubungan dengan rekan kerja dan semangat kebersamaan. Adapun kategori karakteristik pekerjaan meliputi jam kerja, gaji, keseimbangan pekerjaan dan keluarga, dan promosi.
Unit analisis adalah Pemeriksa Bea dan Cukai sub unsur Audit (PBC Audit) pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Jumlah sampel adalah 116 pemeriksa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang sebelumnya diawali dengan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikoloneritas, uji normalitas data, dan uji heteroskedastiditas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 variabel pada kategori lingkungan organisasi, hubungan dengan rekan kerja dan semangat kebersamaan, berpengaruh secara positif pada kepuasan kerja PBC Audit. Variabel dari kategori personal karakteristik yang berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja PBC Audit adalah tingkat pendidikan. Jam kerja, variabel dari kategori karakteristik pekerjaan, menunjukkan pengaruh secara negatif kepada kepuasan kerja PBC Audit.

Kata kunci    :    pemeriksa, audit, bea dan cukai, kepuasan kerja, karakteristik personal, lingkungan organisasi, karakteristik pekerjaan, gender, tingkat pendidikan, tingkat jabatan, masa kerja, hubungan dengan rekan kerja, semangat kebersamaan, jam kerja, gaji, keseimbangan pekerjaan dan keluarga, promosi.

 

×
Penulis Utama : Ragil Tulus Kurniati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315073
Tahun : 2017
Judul : Karakteristik Personal, Lingkungan Organisasi, Karakteristik Pekerjaan, dan Kepuasan Kerja Pemeriksa (Studi Kasus pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Akuntansi - F1315073-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Falikhatun, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.