Penulis Utama : Lilian M. Sihombing
NIM / NIP : F1315057
×

ABSTRAK
Transformasi fungsi audit intern di sektor publik saat ini sangat diperlukan karena tingginya harapan dari organisasi dan pemangku kepentingan agar audit intern dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi, serta memberikan keyakinan yang memadai terhadap risiko strategis dan pencapaian target kinerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan acuan kerangka kerja Internal Audit Capability Model (IA-CM) untuk penilaian kapabilitas audit intern pada Inspektorat Kota Semarang. Data yang digunakan merupakan data primer meliputi data hasil kuesioner dan wawancara terhadap pimpinan di Inspektorat Kota Semarang, serta data sekunder melalui reviu dokumen. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada formulir isian pada Lampiran Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP yang diadopsi dari IA-CM.
Hasil penelitian menunjukkan kondisi kapabilitas audit Inspektorat Kota Semarang berada pada level 2 dengan catatan. Hasil penilaian terhadap enam elemen audit intern menunjukkan bahwa empat elemen mencapai level 2 (infrastructure), dan dua elemen masih berada pada level 1 (initial). Kegiatan pengawasan di Inspektorat Kota Semarang telah dilakukan secara tetap, rutin, dan berulang, tetapi belum mampu mendeteksi kemungkinan terjadinya kecurangan.

Kata kunci:     audit intern, model kapabilitas audit intern, kapabilitas audit intern,
    dan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah.

 

×
Penulis Utama : Lilian M. Sihombing
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315057
Tahun : 2017
Judul : Analisis Hasil Penilaian Kapabilitas Audit Intern dengan Menggunakan Internal Audit Capability Model (Studi Kasus Pada Inspektorat Kota Semarang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Akuntansi - F1315057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Halim Dedy Perdana, S.E, Msm, M.Rech, Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.