Penulis Utama : Indah Nur Fayakun
NIM / NIP : F1314049
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kinerja keuangan dan corporate governance terhadap kinerja lingkungan perusahaan. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang direpresentasikan dengan Return on Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER) dan Leverage dan corporate governance yang direpresentasikan dengan ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, dan jumlah rapat dewan komisaris, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja lingkungan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah annual report perusahaan tahun 2013-2015. Populasi penelitian ini adalah 541 perusahaan tambang dan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan tambang dan manufaktur yang terdaftar di BEI dan merupakan peserta Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) selama tahun 2013-2015 dengan total sebanyak 129 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan kriteria tertentu atau purposive sampling. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja keuangan yang direpresentasikan dengan ROA, ROE, PER, dan Leverage tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan perusahaan sedangkan corporate governance yang direpresentasikan dengan ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, dan jumlah rapat dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap kinerja lingkungan perusahaan.
Kata Kunci : kinerja keuangan, corporate governance, kinerja lingkungan, PROPER

 

×
Penulis Utama : Indah Nur Fayakun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1314049
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Governance Terhadap Kinerja Lingkungan (Studi Empiris pada Perusahaan Tambang dan Manufaktur Peserta Proper yang Terdaftar di Bei Tahun 2013-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Akuntansi - F1314049 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nur Probohudono S.E., M.Si.,Ph.D.,Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.