Penulis Utama : Sekar Ayu Larasati
NIM / NIP : D0213083
×

ABSTRAK

Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh public relations adalah menjalin hubungan baik dengan para wartawan. Usaha-usaha yang dilakukan public relations untuk menjalin hubungan baik dengan wartawan disebut dengan media relations.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan wartawan terhadap kualitas layanan  yang diberikan oleh public relations di Surakarta, dan untuk mengetahui bagaimana kepuasan wartawan pada masing-masing bidang liputan terhadap kualitas layanan public relations di Surakarta. Kualitas layanan yang diberikan oleh public relations kepada wartawan diukur berdasarkan dimensi Bukti Langsung, Empati, Kehandalan, Daya Tanggap, dan Jaminan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 67 wartawan yang terbagi menjadi 5 bidang liputan yaitu Ekonomi Bisnis, Hukum Kriminal, Pemerintah Kota, Pendidikan, dan Politik, dengan metode survei menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode top two boxes untuk mengetahui presentase kepuasan wartawan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepuasan wartawan terhadap kualitas layanan public relations di Surakarta sebesar 63,5%. Kesimpulan penelitian menyatakan presentase kepuasan wartawan tertinggi pada seluruh layanan media relations diperoleh dari bidang liputan Ekonomi Bisnis. Sedangkan bidang liputan Hukum Kriminal, memiliki presentase kepuasan wartawan terendah pada seluruh layanan media relations.

Kata kunci: Kualitas Layanan, Hubungan Masyarakat, Media Relations, Kepuasan Wartawan

 

×
Penulis Utama : Sekar Ayu Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213083
Tahun : 2017
Judul : Kepuasan Wartawan Terhadap Kualitas Layanan Public Relations di Surakarta (Survei Tentang Kepuasan Wartawan terhadap Kualitas Layanan Public Relations di Surakarta Tahun 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP- Jur. Ilmu Komunikasi-D0213083-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos., M.LMEd, Hons
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.