Penulis Utama : Umianita Risca Wulandari
NIM / NIP : S021508061
×

Abstrak

Latar Belakang: Anak merupakan penentu masa depan suatu bangsa yang harus dipersiapkan kebutuhan untuk tumbuh kembangnya sejak masa pre natal. Kondisi fisik, mental dan emosional ibu yang dapat dilihat dari usia ibu saat menikah dan hamil sangat menentukan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor sepanjang hayat yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak batita dari ibu yang menikah usia dini di Kota Kediri.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain cohor retrospektif. Lokasi penelitian di wilayah kerja Puskesmas Sukorame dan Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Waktu penelitian pada bulan Maret 2017. Besar sampel sebesar 120 subjek, dipilih dengan teknik fixed exposure sampling. Variabel dependen adalah pertumbuhan dan perkembangan batita.Variabel independen antara lain usia menikah ibu, LILA saat hamil, berat bayi lahir, umur kehamilan saat lahir, stimulasi keluarga, pendidikan ibu dan pendapatan keluarga.Variabel dependen dan independen diukur menggunakan kuesioner, timbangan bayi dan buku KIA. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis jalur.
Hasil: Pertumbuhan anak batita dipengaruhi oleh berat lahir (b= 0.07, SE= 0.02, p= < 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Pertumbuhan anak batita dipengaruhi oleh pendapatan keluarga dan berat badan lahir.  Berat lahir dipengaruhi oleh pendidikan, usia lahir, dan pendapatan keluarga. Pendapatan keluarga dipengaruhi oleh usia menikah. LILA saat hamil dipengaruhi oleh usia menikah. Pendidikan dipengaruhi oleh usia menikah. Perkembangan anak batita dipengaruhi oleh usia menikah, stimulasi keluarga dan berat lahir.

Kata Kunci : epidemiologi sepanjang hayat, path analysis, pertumbuhan perkembangan, menikah usia din

×
Penulis Utama : Umianita Risca Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021508061
Tahun : 2017
Judul : Epidemiologi Sepanjang Hayat Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Batita Dari Ibu yang Menikah Usia Dini di Kota Kediri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kesehatan Masyarakat-S021508061-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Uki Retno B., dr.,SpOG(K).
2. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.