Penulis Utama : Mirzawati Latifah
NIM / NIP : S021508039
×

Abstrak

Latar Belakang: Penurunan usia menarke mengalami penurunan selama 100 tahun terakhir dan ini menciptakan suatu masalah yang sangat mengkhawatirkan, karena berhubungan dengan meningkatnya resiko seks pranikah, kehamilan remaja, mental yang rendah pada remaja, penyakit jantung, serta dapat menimbulkan berbagai penyakit keganasan lain seperti kanker ovarium, kanker payudara Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi usia menarke remaja di Kota Surakarta.

Subjek dan Metode: Studi analitik observasional dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Kota Surakarta pada bulan febuari hingga maret 2017 terhadap 100 subjek penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling untuk pemilihan kecamatan, simpel random sampling untuk mencuplik beberapa sekolah dan proportional random sampling untuk menentukan jumlah proporsi subjek penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendapatan orang tua. Variabel dependen uang saku, soft drink, status gizi, paparan media elektronik, dan usia menarke. Analisis data menggunakan path analysis.

Hasil: Terdapat pengaruh langsung paparan media elektronik (b= -0,65; p= 0,010), Uang saku (b= -0,001; p= <0 xss=removed p=0,002), xss=removed p=0,025) xss=removed p=0.323), b=0.24 p=0.401) xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>

Kesimpulan: Usia menarke dipengaruhi oleh paparan media elektronik, uang saku, softdrink, status gizi. Status gizi dipengaruhi oleh pendapatan orang tua, uang saku. Paparan media elektronik dipengaruhi uang saku, soft drink dipengaruhi oleh uang saku, uang saku dipengaruhi oleh pendapatan orang tua.

Kata Kunci : Path analysis, menarke, remaja, soft drink, kesehatan reproduksi

×
Penulis Utama : Mirzawati Latifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021508039
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Soft Drink, Paparan Media Elektronik, Pendapatan Orang Tua, Uang Saku, Status Gizi terhadap Usia Menarke Remaja di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kesehatan Masyarakat-S021508039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MSc., MPH., Ph.D.
2. Dr. Yulia Lanti Retno Dewi, dr. M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.