Penulis Utama : Wahyu Setiawan
NIM / NIP : D1215056
×

ABSTRAK


Penelitian ini ditulis dengan melihat fenomena bahwa semakin banyaknya
game online yang dibuat menyerupai realitas dunia nyata, salah satunya yaitu Ingress.  Keberadaan  game  Ingress  yang  dimainkan  layaknya  berpetualang  di dalam dunia nyata, dikhawatirkan turut membawa para pemainnya secara tidak langsung terpengaruh dengan nilai-nilai yang ada di dalam game Ingress. Hal ini yang mendorong peneliti untuk meneliti bagaimana proses pembentukan realitas subjektif tentang petualangan di dalam game Ingress.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pandangan pemain Ingress mengenai arti petualangan di dunia nyata, serta mengetahui bagaimana realitas subjektif tentang petualangan di Ingress terbentuk.
Dengan   menggunakan   pendekatan   teori   kultivasi,   peneliti   mencoba melihat proses pembentukan realitas subjektif terhadap lima informan  pemain Ingress.
Penelitian   ini   merupakan   penelitian   berparadigma   kualitatif   dengan metode studi kasus. Teknik wawancara digunakan untuk mendapatkan sumber data primer, menggunakan teknik sampling bola salju untuk menentukan lima informan. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan mendasarkan pada proposisi    teoritis,    kemudian    mengembangkan    menjadi    deskripsi    kasus.
Selanjutnya dilakukan triangulasi sumber dan dokumen untuk proses validasi.
Setelah melakukan wawancara dan menganalisisnya, peneliti mendapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan pandangan mengenai petualangan di dunia nyata, dan pembentukan realitas subjektif petualangan di dalam Ingress. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pembentukan realitas subjektif. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah terpaan penggunaan game Ingress, kepercayaan dari pengalaman berpetualang, kontak sosial, pengaruh komunitas siber, dan dampak yang dihasilkan yaitu mendapatkan pengetahuan baru.


Kata Kunci: Realitas Subjektif, Petualangan, Game Ingress

 

×
Penulis Utama : Wahyu Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215056
Tahun : 2017
Judul : Kultivasi dalam Bermain Game Online (Studi Kasus Pembentukan Realitas Subjektif tentang Petualangan pada Pemain Game Ingress)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : REALITAS SUBJEKTIF, PUNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D1215056-2017ETUALANGAN, GAME INGRESS
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos. Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.