Penulis Utama : Tara Putri Kalonica
NIM / NIP : D1414055
×

ABSTRAK

Tahun 2006 radio Prambors selain berada di Jakarta, juga hadir di 7 kota besar antara   lain   Medan,   Bandung,   Solo,   Semarang,   Makasar,   Yogyakarta   dan Surabaya. Prambors Yogyakarta berdiri ada tahun 2001. Saat itu masih bernama Radio Jogja dengan frekuensi 90,5 FM. Kemudian, pemilik Jogja Radio bekerja sama dengan pemodal dari Jakarta yaitu pemilik Radio Prambors, mengubah Jogja Radio  dengan  nama Prambors  Yogyakarta  dengan  frekuensi  95.8  FM  sampai sekarang. Namun radio Prambors Yogyakarta tidak begitu saja menerima secara mentah materi dan konsep dari radio Prambors Jakarta. Prambors Yogyakarta berhak menentukan format acaranya sendiri disesuikan dengan memperhatikan unsure lokalitas.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) sebagai Asisten Produksi  yang berfokus menjadi seorang pengisi suara (Voice Over) proses produksi iklan Radio yang dilaksanakan di Radio Prambors Yogyakarta, dengan alamat JL.Palagan Tentara Pelajar no 35 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Pengisi suara adalah seorang yang mengisi suara materi siaran dan iklan melalui proses rekaman/recording audio untuk kebutuhan tertentu.

Dari kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) penulis juga mendapatkan gambaran bagaimana menjalani proses bekerja menjadi seorang Asisten Produksi yang berfokus menjadi seorang pengisi suara (Voice Over) yang profesional. Meski hanya selama dua bulan, banyak pengalaman-pengalaman berharga yang di dapat penulis sekaligus menjadi tempat bagi penulis untuk mempraktekkan teori-teori yang didapat selama berada di bangku perkuliahan. Teori merupakan landasan untuk melakukan suatu hal dan berkarya. Namun, sekedar memiliki teori tanpa pernah mencoba mempraktekkan dalam dunia nyata hanya menjadi sebuah pengetahuan bukan sebuah keahlian. Terlebih jika bidang yang dipelajari adalah bidang   yang   memang   menuntut   untuk   mengaplikasikan   secara   langsung dilapangan seperti bidang ilmu komunikasi dalam media massa.

Kata Kunci : Produksi, Iklan, Radio, Prambors, Voice Over

 

×
Penulis Utama : Tara Putri Kalonica
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414055
Tahun : 2017
Judul : Peran Voice Over dalam Produksi Iklan di Radio Prambors Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Komunikasi Terapan - D1414055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring TyasWiji Anugrah Ri,M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.