Penulis Utama : Reza Adhi Prasetyo
NIM / NIP : D0413042
×

ABSTRAK

 


Ledakan pengungsi yang datang ke Eropa pada rentang tahun 2015-2016 menjadi  salah  satu  fenomena  krisis  migrasi  terburuk  yang  pernah  dialami  oleh kawasan tersebut. Munculnya berbagai platform kebijakan yang berbeda-beda, membuat penanganan krisis ini menjadi lamban. Norwegia adalah negara yang terkena dampak cukup signifikan dalam krisis tersebut, utamanya pada sektor perumahan dan pasar tenaga kerja. Topik ini dipilih karena dampak krisis pengungsi terhadap model pembangunan yang diterapkan di Norwegia adalah lingkup isu baru yang menarik untuk dikaji lebih jauh.
Penelitian ini  merupakan penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Sementara itu, kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari welfare state theory, the nordic model, dan konsep human security.
Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa keberadaan krisis pengungsi yang tak terkendali dalam jangka panjang dapat memunculkan adanya permasalahan dalam sektor perumahan dan pasar tenaga kerja di  Norwegia. Sebagai imbasnya, situasi yang demikian tersebut akan berpotensi memunculkan  disruption  terhadap Norwegian Welfare State Model. Hal itu disebabkan karena, pengungsi dan pencari suaka membutuhkan waktu yang relatif lama untuk terintegrasi dalam sistem sosial di Norwegia. Sehingga dalam jangka pendek, krisis pengungsi cenderung akan membenani negara dan berpotensi merusak platform kesejahteraan yang telah dibangun oleh pemerintah. Dalam rangka menanggulangi krisis tersebut, Norwegia melakukan berbagai kerjasama regional

Kata kunci: Krisis Pengungsi, Welfare State, Kebijakan Sosial.

 

×
Penulis Utama : Reza Adhi Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0413042
Tahun : 2017
Judul : Dampak Krisis Pengungsi Eropa Tahun 2015-2016 terhadap Konsep Norwegian Welfare State
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Hubungan Internasional- D0413042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andrik Purwasito,DEA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.