Penulis Utama : Retno Hidayati
NIM / NIP : D1115031
×

ABSTRAK
Kota Surakarta, pada saat ini masih terdapat daerah-daerah yang mengalami banjir dan genangan. Kawasan banjir Kota Surakarta dapat dibagi tiga kawasan utama diantaranya: Kawasan Banjir Surakarta Utara yang terletak pada dataran rendah Kelurahan Sumber, Banyuanyar, Nusukan, dan Bantaran Kali Anyar; Kawasan Banjir Surakarta Barat Daya yang terletak pada pinggiran dan bantaran sungai Kelurahan Sondakan, Pajang, Laweyan, Bumi, Panularan, Tipes, dan Joyontakan; Kawasan Banjir Daerah Kali Pepe-Jenes dan antara Tanggul Lama-Baru Bengawan Solo yang terletak di bekas kali Pepe-Jenes dan bantaran Bengawan Solo Kelurahan Joyosuran, Semanggi, Pasar kliwon, Sangkrah, Kedung Lumbu, Gandekan, Sewu, Jagalan, Pucangsawit, dan Gilingan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dalam Penanggulangan Banjir dan Genangan di Kota Surakarta. Lokasi penelitian dilaksanakan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pemngumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada aspek responsivitas, daya tanggap terhadap laporan/keluhan masyarakat terkait drainase, daya tanggap terhadap bencana banjir yang terjadi, dan daya tanggap dalam memenuhi aspirasi dan harapan masyarakat adalah cukup baik. Pada aspek responsibilitas, sudah adanya kesesuaian antara landasan hukum dengan program kerja yang dijalankan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Pada aspek akuntabilitas kepada pejabat publik terkait sudah dilakukan dengan baik, namun pertanggungjawaban kepada masyarakat masih kurang sehingga masyarakat masih belum mengetahui tugas dan program penanggulangan banjir dan genangan yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
Kesimpulan penelitian ini kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada aspek responsivitas dan akuntabilitas sudah cukup baik, pada aspek responsibilitas baik.
Kata Kunci: Kinerja, Penanggulangan Banjir

 

×
Penulis Utama : Retno Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115031
Tahun : 2017
Judul : Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dalam Penanggulangan Banjir dan Genangan di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Administrasi Publik- D1115031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Lestariningsih, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.