Penulis Utama : Novita Nicken Anggraini
NIM / NIP : D1114020
×

ABSTRAK


E-government merupakan sebuah langkah awal perubahan menuju perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan. Pencapaian tujuan pelaksanaan penerapan e-government di KPP Pratama Sukoharjo diperlukan alat yang berperan sebagai akselerator dan dinamisator sehingga tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan e-government di KPP Pratama Sukoharjo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan mencatat  dokumen.  Narasumber  dalam  penelitian  ini  adalah  pegawai  KPP Pratama Sukoharjo. Teknik analisis data mengacu pada teknik analisis data model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) Kesiapan sumberdaya manusia dalam pelayanan e-government di KPP Pratama Sukoharjo meliputi pengadaan SDM dan pelatihan dan pengembangan kompetensi pegawai,
2) Infrastruktur pemerintah dalam pelayanan e-government di KPP Pratama Sukoharjo meliputi infrastruktur perangkat komputer, jaringan internet, dan pengembangan aplikasi, 3) Dukungan pemerintah dalam pelayanan e-government di KPP Pratama Sukoharjo melalui kebijakan anggaran berupa peraturan perundang-undangan yaitu Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun
2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional dan Pengembangan e-Government. Acuan pencairan anggaran di KPP Pratama Sukoharjo berdasarkan Daftar Uraian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Kata Kunci: e-government, kantor pelayanan pajak

 

×
Penulis Utama : Novita Nicken Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1114020
Tahun : 2017
Judul : Penerapan E-Government di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Administrasi Negara- D1114020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs H. Marsudi, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.