Penulis Utama : Muhammad Haidar Fathurrahman
NIM / NIP : D0213060
×

ABSTRAK
RSU PKU Muhammadiyah Delanggu menyadari bahwa kesehatan menjadi kebutuhan seluruh umat manusia. Pelayanan kesehatan yang diinginkan masyarakat terhadap rumah sakit, selain pelayanan medis, juga hubungan yang baik rumah sakit terhadap pasien. Citra instasi yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan merupakan salah satu bagian penting bagi rumah sakit . Hal ini juga dibutuhkan rumah sakit agar mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan fungsi public relations RSU PKU Muhammadiyah Delanggu dalam membangun citra di kalangan pasien dan masyarakat sekitar rumah sakit.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni dengan menggambarkan fungsi public relations rumah sakit dalam membentuk citra di kalangan pasien dan masyarakat sekitar. Tepri yang digunakan fungsi public relations oleh Lattimore. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Validitas data yang digunakan melalui triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan fungsi public relations di RSU PKU Muhammadiyah Delanggu dalam membentuk citra menjukkan bahwa, Public Relations rumah sakit berfungsi dengan baik dalam menjaga hubungan yang harmonis antara internal rumah sakit dengan eksternal rumah sakit. Hal ini terlihat dari temuan penelitian yang di analisis menggunakan lima fungsi humas menurut lattimore menggunakan kotak saran dan tanya jawab dalam mengantisipasi dan menganalisis opini publik, menyampaikan masukan keseluruh tingkat secara langsung, melakukan evaluasi dan monitoring, melaksanakan perencanaan kegiatan dari hasil evaluasi kegiatan, menyusun anggaran serta ikut serta dalam perekrutan pegawai.  
Kata Kunci: Fungsi Public Relations, Citra, Rumah Sakit.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Haidar Fathurrahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213060
Tahun : 2017
Judul : Public Relations RSU PKU Muhammadiyah Delanggu (Studi Deskriptif Kualitatif Fungsi Public Relations Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Delanggu dalam Membangun Citra di Kalangan Pasien dan Masyarakat Sekitar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0213060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos, M.LMEd, Hons
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.