Penulis Utama : Maulidiah
NIM / NIP : D0213056
×

ABSTRAK
    Citizen journalism hadir sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kehadiran citizen journalism ini kemudian dilirik sebagian mainstream media. Salah satunya adalah NET CJ, yaitu forum citizen journalism di Indonesia yang dibuat oleh NET TV. Setiap orang yang memunyai informasi menarik, aktual, dan berguna bagi banyak orang dapat dikirimkan ke NET CJ untuk kemudian diseleksi dan ditayangkan di NET TV.
Pada masa awal kehadirannya, jurnalis profesional meragukan keakuratan dan objektivitas hasil liputan citizen journalism. Hal tersebut dikarenakan semua orang dapat mengirimkan berita tanpa memandang pengetahuan mereka mengenai etika jurnalistik. Selain itu, di Indonesia juga belum ada regulasi yang mengatur tentang citizen journalism. Tidak hanya memproduksi soft news, pewarta warga juga memproduksi hard news, seperti bencana banjir. Padahal dalam pemberitaan bencana, jurnalis yang sudah profesional pun bisa melakukan kesalahan, apalagi pewarta warga.
Penelitian ini menganalisis bagaimana isi berita bencana banjir produksi NET CJ yang tayang di NET 10 terkait penerapan etika jurnalistik periode Oktober 2016 – Februari 2017 dilihat dari kategori isi berita menurut fokus berita dan 10 aspek pelanggaran etika jurnalistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode analisis isi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data cross tabulation atau tabulasi silang untuk selanjutnya dilakukan deskripsi data frekuensi dari tiap-tiap kategori. Peneliti menggunakan rumus Holsti untuk melakukan uji reliabilitas dengan reliabilitas minimum yang ditoleransi adalah 0,7% atau 70%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan hanya 20?rita banjir produksi NET CJ yang tidak melakukan pelanggaran sama sekali. Mayoritas berita melanggar pada aspek prinsip suara korban dan relevansi narasumber. Fokus berita yang paling banyak adalah fokus pada dampak bencana.
Kata kunci : Citizen Journalism, Jurnalisme Bencana, Etika Jurnalistik

 

×
Penulis Utama : Maulidiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213056
Tahun : 2017
Judul : Citizen Journalism dan Etika Jurnalistik (Analisis Isi Kuantitatif Berita Banjir NET. CJ dalam Acara NET. 10 terkait Penerapan Etika Jurnalistik Periode Oktober 2016 - Februari 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0213056-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.