Penulis Utama : Fiqi Fatichadiasty
NIM / NIP : E0013183
×

ABSTRAK

FIQI  FATICHADIASTY.  E0013183.  SENGKETA  KEWENANGAN ANTAR PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KLATEN DENGAN PEMERINTAH  KOTA  SURAKARTA  DALAM  PEMANFAATAN SUMBER AIR COKRO.
Penelitian    ini    bertujuan    untuk    mengetahui    bagaimana    sengketa
kewenangan   yang   terjadi      antara   Pemerintah   Kabupaten   Klaten   dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam pemanfaatan sumber air Cokro di Kabupaten Klaten serta bagaimana penyelesaian sengketa tersebut.
Penelitian   ini   merupakan   penelitian   hukum   empiris   yang   bersifat deskriptif. Lokasi Penelitian di di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta. Jenis data yang digunakan adalah primer da sekunder. Data primer adalah  data  utama  yang  didapatkan  dari  wawancara  kepada  Kepala  Bagian Hukum PDAM Surakarta pada tahun 2017 yang mengetahui kerjasama pemanfaatan sumber daya air Cokro Klaten. Data Sekunder adalah data yang mendukung data primer baik data dari internet maupun kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan penelitian kepustakaan. Analisis data kualitatif dengan model interaktif data.
Era otonomi daerah, memberikan kewenangan kepada setiap daerah untuk mengatur dan mengelola sumber daya alam yang dimilikinya. Melalui  kerjasama antar daerah optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam khususnya air untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia tersebut dapat terwujud. Namun dalam pelaksanaanya seringkali terjadi  konflik/sengketa antar daerah yang disebabkan oleh adanya perbedaan persepsi/filosofi terhadap pemanfaatan sumber daya alam itu sendiri serta kurang cermatnya pemerintah daerah dalam mengkaji kerjasama yang dibuat terhadap peraturan perundang-undangan yang terus berubah secara dinamis. Seperti halnya sengketa kewenangan yang terjadi antara Pemerintah Kabupaten Klaten dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam pemanfaatan sumber air Cokro di Kabupaten Klaten.
Kata kunci : Pemerintah Daerah, Kerjasama Antar Daerah, Sumber Daya
Air

 

×
Penulis Utama : Fiqi Fatichadiasty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013183
Tahun : 2017
Judul : Sengketa Kewenangan Antar Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten Dengan Pemerintah Kota Surakarta Dalam Pemanfaatan Sumber Air Cokro Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Prog. Ilmu Hukum-E0013183-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suranto, S.H, M.H
2. Jadmiko Anom H, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.