Penulis Utama : Anantia Ridhanty
NIM / NIP : D1215060
×

ABSTRAK
Film sebagai media massa umumnya berfungsi sebagai hiburan dan pengetahuan bagi penontonnya. Dari film yang disaksikan, penonton dapat mengambil pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat film. Selain film yang bertujuan menghibur dan memberikan nilai positif kepada penontonnya, ada beberapa film yang dianggap kontroversial karena dianggap terlalu vulgar atau memberikan dampak negatif, misalnya Fifty Shades of Grey karya E.L. James.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi ideologi patriarki yang dilakukan oleh karakter utama laki-laki dalam film ini, yaitu Christian Grey. Analisis yang digunakan berdasarkan aspek patriarki menurut buku karya Khamla Basin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis semiotika Roland Barthes yang nantinya akan menghasilkan analisis berupa denotasi, konotasi, dan mitos.
Hasil dari penelitian menunjukkan adanya sikap tokoh Christian Grey yang menerapkan ideologi patriarki berdasarkan aspek patriarki menurut Kamla Bhasin, yaitu reproduksi perempuan, kontrol atas seksualitas perempuan, gerak / mobilitas perempuan, dan harta milik dan sumber daya ekonomi. Dari durasi total film 125 menit, terdapat enam scene yang dapat dijadikan korpus untuk dianalisis menggunakan semiotika Roland Barthes. Anastasia Steele sebagai korban dari ideologi patriarki mencoba memberikan perlawanan di beberapa scene berupa merespon sikap Christian sesuai apa yang ingin ia respon, walaupun pada akhirnya perlawanan tersebut kalah karena Christian selalu lebih berkuasa.

Kata kunci : patriarki, film, semiotika

 

×
Penulis Utama : Anantia Ridhanty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215060
Tahun : 2017
Judul : Representasi Budaya Patriarki dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Budaya Patriarki dalam Film Fifty Shades of Grey)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D1215060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ign Agung Satyawan,S.E, S.I.Kom.,M.Si. Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.