Penulis Utama : Ilmi Desi Rahmawati
NIM / NIP : C9612014
×

ABSTRAK

 

 

Ilmi Desi Rahmawati. 2017. PENGGUNAAN METODE DRILL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MENULIS HÀNZÌ DI KELAS X SMK SAHID SURAKARTA. Program Studi Diploma III Bahasa Mandarin. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

SMK Sahid Surakarta merupakan salah satu  sekolah swasta di  Solo yang mengajarkan bahasa Mandarin pada para siswa kelas X. Selama ini pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan P% dany% dan dan artinya. Penulis pun mengajarkan Hànzì supaya mereka terbiasa dengan Hànzì, P% dany% dan dan artinya. Kemampuan siswa akan lebih berkembang dengan menguasai P% dany% dan, Hànzì, dan artinya.

Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang penggunaan metode drill sebagai sarana pembelajaran menulis Hànzì di kelas X SMK Sahid Surakarta serta manfaat belajar menulis Hànzì  terhadap siswa kelas X SMK Sahid Surakarta.

Penulis  menggunakan  metode  drill  sebagai  sarana  pembelajaran  menulis Hànzì karena dengan latihan terus menerus menjadi kebiasaan maka akan menjadi mudah. Setiap huruf Mandarin mempunyai karakter dan makna. Penulisan huruf Mandarin tidak  mudah dan tidak mudah  diingat  jika satu atau dua kali  menulis. Metode drill dapat membangun motivasi siswa untuk   menulis Hànzì dengan tepat dan benar.

Setelah  melakukan  penelitian  kesimpulan  yang  diperoleh  penulis  adalah metode drill efektif digunakan sebagai sarana pembelajaran menulis Hànzì dalam meningkatkan kemampuan belajar bahasa Mandarin dan meningkatkan kualitas pengajaran  dan  pembelajaran,  terbukti  dengan  siswa  paham  dan  mengerti  cara menulis  Hànzì  yang  benar  dan  tepat.  Siswa  tahu  dan  mengerti  manfaat-manfaat belajar menulis Hànzì.

 


Kata kunci : Sarana Pembelajaran, Menulis Hànzì, Metode Drill

 

×
Penulis Utama : Ilmi Desi Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9612014
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Metode Drill Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Hànzì Di Kelas X Smk Sahid Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-Prog. Mandarin- C9612014-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristina Indah S R,B.Ed,MTCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.