Penulis Utama : Ernest Nardian Prasetyaningtyas
NIM / NIP : K4213028
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik struktur novel Gumuk Sandhi; (2) dinamika kejiwaan tokoh utama dalam novel Gumuk Sandhi; (3) nilai moral yang terkandung dalam novel Gumuk Sandhi; (4) relevansi novel Gumuk Sandhi sebagai bahan ajar di SMA.

Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  kualitatif  dengan pendekatan psikologi sastra. Data yang diperoleh peneliti berupa kata-kata, frasa, klausa, dan kalimat yang berasal dari novel Gumuk Sandhi karya Poerwadhie Atmodihardjo, dan hasil wawancara guru SMA, siswa SMA, mahasiswa Bimbingan dan Konseling, dan ahli sastra. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data  menggunakan  teknik  analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) Novel Gumuk Sandhi memiliki tujuh unsur intrinsik, 2) dinamika kejiwaan masing-masing tokoh utama saling mempengaruhi satu sama lain, 3) terdapat enam nilai moral yang bisa dipetik dari novel Gumuk Sandhi, dan 4) novel Gumuk Sandhi relevan bila dijadikan sebuah bahan ajar pada pembelajaran petikan isi teks novel berbahasa Jawa di SMA karena isinya mengajarkan mengenai nilai moral dan ceritanya merupakan cerita yang ringan dan sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.


Kata kunci: Unsur Intrinsik, Dinamika Kejiwaan, Nilai Moral, Bahan Ajar.

×
Penulis Utama : Ernest Nardian Prasetyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213028
Tahun : 2017
Judul : Analisis Dinamika Kejiwaan Tokoh Utama dan Nilai Moral Novel Gumuk Sandhi Serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Prog. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat, S.S., M.A.,
2. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.