Penulis Utama : Annisa Dewa Maharani
NIM / NIP : K7113024
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proes pembelajaran dan keterampilan menyimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I tahun ajaran 2016/2017.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas    IV   SD   Negeri    Tunggulsari   I   tahun    ajaran    2016/2017    yang berjumlah 33   siswa. Sumber data berasal dari guru kelas IV, data nilai keterampilan menyimpulkan pratindakan dan saat tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah hasil observasi,  wawancara,  portofolio,  tes, dan dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian tindakan kelas ini mendeskripsikan bahwa kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimpulkan meliputi hasil kenerja guru,efektivitas pembelajaran, aktivitas siswa, sikap siswa, dan hasil evaluasi siswa meningkat dari   siklus   I   dan   siklus   II.   Selain   itu,   nilai   rata-rata    keterampilan menyimpulkan siswa pada pratindakan adalah 61,21 dengan persentase ketercapaian  kelas sebesar  18,18%  siswa  yang  mencapai  batas  kentuntasan keterampilan menyimpulkan sebesar lebih dari atau sama dengan 84. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,03 dengan persentase ketercapaian kelas  sebesar  78,78%.  Pada  siklus  II,  nilai  rata-rata  kelas  meningkat  88,85 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 87,88%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menyimpulkan pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari I tahun ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Annisa Dewa Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113024
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Hasil Percobaan Tentang Gaya Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5e (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tunggulsari I Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7113024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd
2. Drs. M Ismail Sriyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.