Penulis Utama : Alfian Satria Wicaksana
NIM / NIP : G0012011
×

Abstrak

Latar Belakang: Masa remaja merupakan masa pertumbuhan cepat dan terjadi perubahan dramatis pada komposisi tubuh yang mempengaruhi aktivitas fisik dan respon terhadap latihan. Salah satu parameter mengukur komposisi tubuh adalah indeks masa tubuh. Penelitian ini bertujuan mengetahui indeks masa tubuh dan kebugaran jasmani pada remaja di SMK Bina Karya Karanganyar.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas X-XII SMK Bina Karya Karanganyar. Dilakukan sampling secara proportional stratified random sampling dan didapatkan 300 siswa yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Indeks Massa Tubuh (IMT) diukur menggunakan alat microtoise untuk mengukur tinggi badan dan timbangan injak untuk mengukur berat badan kemudian dihitung menggunakan rumus indeks massa tubuh. Selanjutnya peneliti melakukan pengukuran kebugaran jasmani dengan harvard step test menggunakan metronome agar irama langkah sama. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan analisis bivariat dengan menggunakan korelasi pearson.

Hasil: Hasil uji Kolmogorov-Smirnov didapat hasil (r = 0.222 dan p < 0 xss=removed xss=removed>Simpulan: Terdapat hubungan yang negatif yang signifikan antara indeks massa tubuh dengan kebugaran jasmani, di mana jika semakin tinggi indeks massa tubuh maka semakin rendah kebugaran jasmaninya.


Kata kunci: Indeks Massa Tubuh, Kebugaran Jasmani

×
Penulis Utama : Alfian Satria Wicaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012011
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Kebugaran Jasmani Remaja di SMK Bhina Karya Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0012011-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widardo, M.Sc.
2. Balgis, dr., M.Sc, CM, FM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.