Penulis Utama : Sabrina Widya Pangestika
NIM / NIP : D0313071
×

Sabrina Widya Pangestika. D0313071. 2017. “POLA PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Terkait Perilaku Konsumtif Pengguna Instagram Teradap Online Shop @sasmaya_kebaya di Magelang)”. Skripsi. Pembimbing: Prof. Dr. Mahendra Wijaya, MS. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Perilaku konsumtif merupakan perilaku membeli yang berlebihan dan tidak lagi mencerminkan usaha manusia untuk memanfaatkan uang secara ekonomis namun perilaku konsumtif dijadikan sebagai suatu sarana untuk menghadirkan diri dengan cara yang kurang tepat. Adanya online shop selain menjadikan masyarakat konsumtif juga menimbulkan suatu kecenderungan bahwa masyarakat menjadi malas untuk beranjak pergi keluar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perilaku konsumtif pengguna Instagram terhadap minat beli mereka pada produk online shop @sasmaya_kebaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan Teori Perilaku  Konsumtif  dari  Jean  Baudrilard.  Teknik  pengambilan  sampel  menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif.

Dari hasil riset ini, ditemukan bahwa alasan para konsumen berperilaku konsumtif adalah karena pembeli ingin tampak berbeda dengan orang lain; menjadi kebanggaan diri karena mampu membeli kebaya dengan motif dan bahan yang berbeda-beda sesuai dengan selera konsumen; faktor ikut-ikutan orang lain,  dimana ketika orang lain update kebaya terbaru maka naluri juga ingin memiliki akan muncul sehingga menjadikan perilaku konsumtif; mampu menarik perhatian orang karena merasa dirinya memiliki banyak koleksi kebaya terkini. Selain itu juga alasan lain konsumen konsumtif dalam berbelanja online shop adalah karena prosesnya mudah, tidak banyak menyita waktu, harganya pun lebih terjangkau dibandingkan harga pasaran, dengan kualitas produk yang lebih baik.


Keyword : Perilaku Konsumtif, Instagram, Online Shop, Online Shop Sasmaya Kebaya

 

×
Penulis Utama : Sabrina Widya Pangestika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313071
Tahun : 2017
Judul : Pola Perilaku Konsumtif Dalam Media Sosial Instagram (Studi Fenomenologi Terkait Perilaku Konsumtif Pengguna Instagram Terhadap Online Shop @sasmaya_kebaya di Magelang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP- Jur. Sosisologi -D0313071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mahendra Wijaya, MSi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.