Penulis Utama : Aghniya Fitrisna Damartiasari
NIM / NIP : D0213008
×

Perkembangan teknologi memunculkan banyak media baru dan salah satunya adalah instagram. Indonesia sendiri memiliki 22 juta pengguna instagram yang aktif setiap harinya. Media sosial yang satu ini tengah menarik banyak minat dari berbagai kalangan tidak terkecuali para selebritis. Diantara deretan selebritis tersebut  terdapat  tiga  nama  yaitu  Lyra  Virna,  Shireen  Sungkar,  dan  Laudya Cynthia Bella,  yang banyak menjadi sorotan dengan proses hijrah  yang telah dilalui oleh mereka. Proses hijrah dan perubahan yang mereka alami membawa pengaruh juga terhadap cara mereka bermedia sosial. Salah satunya adalah menggunakannya untuk berdakwah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi khalayak terhadap akun yang bersangkutan sebagai media dakwah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang akan menjelaskan bagaimana persepsi yang terbentuk terhadap akun instagram yang bersangkutan. Populasi yang digunakan adalah mahasiswi muslim UNS sedangkan penarikan informan atau narasumber ditentukan berdasarkan purposive sampling serta snowball sampling dari beberapa fakultas yang ada di UNS. Kemudian peneliti melakukan wawancara secara mendalam untuk selanjutnya dilakukan analisis dengan sajian data yang telah melalui proses reduksi data. Setelah itu dari kesimpulan yang diambil, selanjutnya data tersebut diverifikasi untuk memastikan hasil yang diambil telah valid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun instagram ketiga aktris tersebut telah memenuhi unsur atau bisa dikatakan sebagai media dakwah, dan hal itu dipandang baik serta positif. Hal tersebut berdasarkan konten-konten yang diunggah pada akun instagram baik milik Lyra, Shireen, maupun, Bella,  dilihat dari  foto  yang diunggah,  outfit of the day  atau gaya berbusana  yang  mereka tampilkan, caption yang mereka tulis, serta cara bertutur dan berperilaku dalam video instastory yang dianggap dapat memberikan manfaat dan merupakan sarana syiar dalam kebaikan.

 

 

×
Penulis Utama : Aghniya Fitrisna Damartiasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213008
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Terhadap Akun Media Sosial Instagram Aktris Muslimah Indonesia (Studi Kualitatif Persepsi Mahasiswi Muslim Universitas Sebelas Maret Surakarta terhadap Akun Media Sosial Instagram Lyra Virna, Shireen Sungkar, dan Laudya Cynthia Bella sebagai Media Dakwah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D0213008-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskawa Wijaya, S.Sos., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.