Penulis Utama : Ayu Perdanasari
NIM / NIP : K7413024
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi melalui penggunaan bahan ajar brosur pada siswa kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur  penelitian  untuk  masing-masing  siklus  meliputi empat kegiatan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Subjek penelitian  adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 46 siswa. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, dan dokumen. Pengumpulan data untuk motivasi belajar siswa dilakukan dengan teknik  observasi,  wawancara  dan  angket,  sedangkan  pengumpulan  data  untuk hasil belajar dilakukan dengan teknik tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Indikator kinerja penelitian ditetapkan sebesar 85%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar brosur dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dari persentase rata-rata indikator motivasi belajar pada siklus I dari hasil angket sebesar 77,57% dan observasi sebesar 74,22%, sedangkan pada siklus II dari hasil angket sebesar 88,04% dan observasi sebesar 86,78%. Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat pada siklus I sebesar 57,78% dan pada siklus II sebesar 86,67%.

 

×
Penulis Utama : Ayu Perdanasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413024
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi melalui Penggunaan Bahan Ajar Brosur pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Akuntansi-K7413024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr Sigit Santoso M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.