Penulis Utama : Ikka Nur Wahyuny
NIM / NIP : S991508012
×

Global Islamic Economic Index 2013 yang mengukur perkembangan perekonomian Islam di seluruh dunia menempatkan Indonesia di peringkat 10, jauh dari Malaysia). Rendahnya peringkat Indonesia pada Global Islamic Economic Index disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah rendahnya literasi halal dan literasi keuangan para pelaku usaha. Pelaku usaha masih terganjal rendahnya tingkat literasi keuangan, sehingga pengetahuan pengelolaan keuangan usaha dan pengetahuan produk keuangan masih terbatas. Akibatnya, akses usaha ke lembaga keuangan masih rendah. Literasi keuangan sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola keuangannya. Penelitian yang dilakukan Jafar dan Musa (2014) menunjukkan bahwa perusahaan yang sudah memiliki sertifikat halal belum tentu mengelola keuangannya secara halal. Tingginya penerapan literasi halal belum tentu diikuti dengan tingginya literasi keuangan islami, sehingga diperlukan adanya kajian dan edukasi lebih lanjut untuk meningkatkan literasi keuangan islami pelaku usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang kebutuhan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islami dan Produk Halal, mengembangkan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islami dan Produk Halal yang valid dan layak digunakan untuk meningkatkan literasi keuangan islami dan literasi halal pelaku UMKM, serta menguji keefektifan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islami dan Produk Halal terhadap peningkatan literasi keuangan islami dan literasi halal pelaku UMKM. Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model ADDIE merupakan salah satu model desain sistem pembelajaran yang memperlihatkan tahapan-tahapan dasar sistem pembelajaran yang sederhana dan mudah di pelajari, terdiri dari 5 fase yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi).
Pelatihan menggunakan modul edukasi literasi keuangan islami literasi halal dapat meningkatkan literasi keuangan islami literasi halal pelaku UMKM. Peningkatan literasi keuangan islami literasi halal dapat dilihat dari skor rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran literasi keuangan islami literasi halal. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikasi lebih rendah dari taraf signifikasi ? = 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) sehingga dapat disimpulkan bahwa modul edukasi keuangan islam berpengaruh signifikan dalam peningkatan tingkat literasi keuangan islami dan  literasi halal pelaku UMKM.

 

×
Penulis Utama : Ikka Nur Wahyuny
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508012
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islami Dan Produk Halal Untuk Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Ekonomi-S991508012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd
2. Lukman Hakim, M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.