Penulis Utama : Ramadhan Pratama
NIM / NIP : I0113106
×

ABSTRAK

Kebutuhan perkerasan jalan sangat penting bagi peningkatan kehidupan masyarakat di negara berkembang. Namun, keberadaan agregat alam semakin lama semakin sedikit jika dipakai secara terus menerus sebagai material perkerasan. Disisi lain, dari tahun ke tahun limbah ban kendaraan semakin meningkat yang akan berdampak bagi lingkungan. Muncul inovasi alternatif yaitu pemanfaatan limbah crumb rubber sebagai pengganti agregat pada konstruksi perkerasan. Diharapkan penelitian ini akan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan dalam mengurangi penggunaan agregat alam dan mengurangi dampak limbah terhadap lingkungan.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental di laboratorium dengan mengganti 100% agregat halus dengan crumb rubber yang lolos saringan No. #4 dan tertahan pada saringan No. #200 dengan gradasi dari Bina Marga 2010 revisi 3. Jenis campuran yang dipakai dalam penelitian ini adalah Asphalt Conrete. Pengujian campuran tersebut meliputi pengujian terhadap karakteristik marshall, permeabilitas , dan cantabro loss.

Hasil analisis uji marshall, uji permeabilitas, dan uji cantabro loss dengan menggunakan crumb rubber sebagai pengganti agregat halus pada campuran asphalt concrete menghasilkan nilai flow 8,49 mm, stabilitas 115,49 kg, permeabilitas 1,903x10-4 cm/detik, dan cantabro loss 0,099 %. Sedangkan hasil pengujian campuran tanpa crumb rubber menghasilkan nilai flow 3,26 mm, stabilitas 1211,16 kg permeabilitas 7,169x10-4 cm/detik, dan cantabro loss 0,81 %. Hal ini menunjukkan pengaruh penggunaan crumb rubber yaitu akan meningkatkan tingkat fleksibelitas dari campuran asphalt concrete. Selain itu juga menunjukkan bahwa campuran aspal kedap air dan tahan terhadap disintegrasi.

Kata kunci : Crumb Rubber, Asphalt Concrete, Marshall, Permeabilitas, Cantabro Loss

×
Penulis Utama : Ramadhan Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113106
Tahun : 2017
Judul : Studi Pengaruh Penggunaan Crumb Rubber sebagai Pengganti Agregat Halus pada Asphalt Concrete dengan Bahan Pengikat Aspal Penetrasi 60/70
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Teknik Sipil-I0113106-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan , M.Sc., Ph.D.
2. Ir. Agus Sumarsono M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.