Penulis Utama : Indra Gunawan
NIM / NIP : I0113067
×

ABSTRAK

Teknologi soil nailing telah diterapkan secara luas untuk perkuatan lereng. Beberapa penelitian tentang desain perkuatan dengan soil nailing yang efektif juga telah berkembang. Namun, sebagian besar penelitian tentang soil nailing difokuskan untuk mencapai angka aman lereng tertentu, sedangkan pengaruh desain berdasarkan rasio panjang dan diameter nail kemungkinan belum pernah diteliti sebelumnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara rasio panjang dan diameter nail dengan stabilitas internal dan eksternal dari lereng berpasir murni dengan tinggi 20 m dalam kondisi kepadatan dan kemiringan lereng yang berbeda. Metode Simplified Bishop digunakan untuk menganalisa angka aman lereng. Penelitian ini menggunakan data simulasi untuk menghitung angka aman stabilitas internal dan eksternal dari perkuatan soil nailing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka aman stabilitas lereng dan daerah aman terhadap stabilitas internal dan eksternal lereng meningkat seiring dengan meningkatnya rasio panjang dan diameter nail. Peningkatan rata-rata angka aman lereng akibat pengaruh rasio panjang dan diameter nail berada pada rentang 8% – 14%.
Rasio panjang dan diameter nail efektif pada penelitian ini berada pada rentang 400 – 650. Hasil penelitian ini dapat diproyeksikan sebagai desain awal untuk stabilitas lereng menggunakan perkuatan soil nailing.
Kata kunci : soil nailing, metode Simplified Bishop, rasio panjang dan diameter nail

 

×
Penulis Utama : Indra Gunawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113067
Tahun : 2017
Judul : Angka Aman Stabilitas Lereng Pasir Dengan Variasi Perbandingan Panjang Dan Diameter Nail Safety Factor Of Sand Slope Stability On Various Ratio In Length And Diameter Of The Nail
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik, Jurusan Teknik Sipil, I0113067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T.
2. Yusep Muslih Purwana , S.T., M.T., PhD.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.