Penulis Utama : Donik Ariyanto
NIM / NIP : F1315034
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan customs clearance, volume impor, dan penerimaan bea masuk sebelum dan sesudah penerapan Indonesia National Single Window (INSW).
Penelitian ini merupakan penelitian pre-test post-test. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan perubahan yang terjadi sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Penelitian dilakukan dengan membandingkan customs clearance, volume impor, dan penerimaan bea masuk sebelum dan sesudah penerapan INSW di 5 kantor pelayanan bea dan cukai yang pertama kali menerapkan INSW. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji beda dengan sample saling berhubungan.
Hasil analisa menunjukan bahwa terdapat beda customs clearance, volume impor, dan penerimaan bea masuk sebelum dan setelah penerapan INSW. Setelah penerapan INSW, customs clearance jalur hijau cenderung lebih cepat dan volume impor serta bea masuk cenderung meningkat. Custom clearance impor jalur hijau lebih cepat 12 jam, volume impor meningkat 18,5%, dan penerimaan bea masuk meningkat 18,4%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat beda customs clearance impor jalur hijau, volume impor, dan penerimaan bea masuk sebelum dan setelah penerapan INSW. Customs clearance impor jalur hijau, volume impor, dan penerimaan bea setelah INSW menunjukkan kecenderungan lebih baik dibandingkan sebelum INSW.

Kata Kunci: Indonesia National Single Window, Customs Clearance, Volume Impor, Bea Masuk

 

×
Penulis Utama : Donik Ariyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315034
Tahun : 2017
Judul : Uji Beda Customs Cleareance, Volume Impor, dan Penerimaan Bea Masuk Sebelum dan Sesudah Penerapan Indonesia National Single Window (INSW)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi & Bisnis-Jur. Akuntansi-F1315034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anas Wibawa, S.E., M.Si., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.