Penulis Utama : Lu’lu’ Fatina
NIM / NIP : C0213040
×

ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi AfifahAfra terhadap kepengarangannya (2) Bagaimana hasil yang didapatkan Afifah Afra dari segi material sebagai seorang pengarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kepengarangan Afifah Afra dan hasil yang didapatkan dari segi material sebagai seorang pengarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun, sumber data primer penelitian ini adalah hasil wawancara  dengan Afifah Afra dan Tim Redaksi PT Indiva Media Kreasi, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari berbagai artikel, jurnal, buku yang berhubungan dengan topik penelitian, yaitu latar belakang kepengarangan  Afifah Afra, semua hal tentang kiprah kepengaranganya dan beberapa tulisan yang berkaitan dari situs internet, artikel, buku, dan skripsi yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mencatat data dan wawancara dengan pihak yang terkait.Teknik analisis yang digunakan adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) merumuskan serta mendefinisikan masalah; (2) mengadakan studi perpustakaan; (3) memformulasikan hipotesis; (4) menentukan model untuk menguji hipotesis; (5) mengumpulkan data; (6) menyusun, menganalisis dan memberikan interpretasi; (7) Membuat kesimpulan; serta (7) Menyususun laporan ilmiah.
Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Persepsi Afifah Afra terhadap kepengarangannya meliputi; (a) latar belakang kepengarangan Afifah Afra diawali dengan dongeng-dongeng yang disampaikan Ayahnya, kemudian membaca dan menulis sebagai kegemaran Afifah Afra (b) Perjalanan karier dan kiprah kepengarangan Afifah Afra dibangun sejak SMP, SMA hingga sekarang (c) Pandangan Afifah Afra mengenai profesi pengarang adalah sebuah pekerjaan dengan menulis sebagai satu  bidang  keahlian tertentu. Kegiatan menulis dapat diawali dari bakat, minat dan menjadi sebuah passion dalam diri Afifah Afra. Menulis akan memberikan keuntungan finansial, tuntutan untuk selalu belajar, perasaan bahagia, dan tercapainya aktualisasi diri, sedangkan kerugian menulis menurutnya adalah jaminan yang kurang bagus di Indonesia mengingat budaya literasi yang masih rendah. Adapun dukungan masyarakat terhadap dunia kepengarangan tergantung dari pengetahuannya (2) Hasil yang didapatkan dari segi material sebagai seorang pengarang  meliputi; (a) Afifah dalam menulis karya berlandaskan ideologi untuk membangun pasar, dengan hal itu ia memiliki penghasilan perbulan rata-rata lima juta sampai sepuluh juta rupiah (b) Afifah Afra sebagai pengarang dan pemimpin PT Indiva Media Kreasi memiliki tugasnya masing-masing.

 

×
Penulis Utama : Lu’lu’ Fatina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213040
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Afifah Afra Terhadap Kepengarangannya: Tinjauan Sosiologi Sastra Alan Swingewood
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia- C0213040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.