Penulis Utama : Nugroho Budi Santoso
NIM / NIP : F1315068
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan BOPO terhadap profitabilitas perusahaan Bank Pemerintah (BUMN) dan Bank Umum Swasta Nasional (BUSN). Penelitian ini juga memberikan bukti empiris perbedaan variabel yang mempengaruhi ROA pada Bank Umum Swasta Nasional dan Bank Pemerintah.
Teknik sampling data menggunakan purposive sampling dengan kriteria bank BUMN dan BUSN go public pada tahun 2009 sampai dengan 2016. Teknik analisis menggunakan regresi dengan t-statistik serta f-statistik dengan level of signifikansi 10%. Uji Chow untuk mendeteksi perbedaan pengaruh pada bank BUMN dan BUSN. Selain itu juga dilakukan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelatisi.
Hasil uji pada bank BUMN menunjukan variabel CAR, LDR, dan BOPO berpegaruh signifikan terhadap ROA.  Sedangkan pada bank BUSN variabel LDR dan BOPO berpengaruh signifikan terhadap ROA, variabel CAR tidak signifikan memperngaruhi ROA. Hasil pengujian menghasilkan nilai Chow test F sebesar 33,7. Nilai F table diperoleh sebesar 3,07. Dengan demikian diperoleh nilai Chow test (33,72) > F tabel (3,07). Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari pengaruh variabel bebas tersebut terhadap ROA pada bank BUMN dan bank BUSN.

Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposite Ratio (LDR), BOPO dan Return on Asset (ROA).

 

×
Penulis Utama : Nugroho Budi Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315068
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), dan Bopo Terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank BUMN dan Bank BUSN Periode 2009 – 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi & Bisnis-Jur. Akuntansi-F1315068-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., C.A. Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.