Penulis Utama : Pradipta Ardi Prastowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A12158043
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Metode Latihan Drill Terhadap Keterampilan Servis atas Bolavoli Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Eksperimen Menggunakan Sasaran dari Jarak Dekat ke Jauh dan Sasaran dari Jarak Jauh ke Dekat Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Negeri 2 Adipala Kabupaten Cilacap)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Ilmu Keolahragaan-A12158043-2017
Subyek : METODE LATIHAN DRILL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Perbedaan pengaruh metode latihan drill menggunakan sasaran dari jarak jauh ke dekat dan sasaran dari jarak dekat ke jauh terhadap keterampilan servis atas bolavoli. 2. Perbedaan keterampilan servis atas bolavoli antara siswa laki laki dan perempuan. 3. Interaksi antara metode latihan drill dan jenis kelamin terhadap keterampilan servis atas bolavoli.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Adipala yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Dari jumlah populasi 45 siswa diambil 40 siswa berdasarkan jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan. Sampel yang digunakan adalah 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan yaitu tes servis atas bola voli.
Hasil dari penelitian ini adalah Ada perbedaan pengaruh metode latihan drill dengan penggunaan sasaran dari jarak jauh ke dekat dan sasaran dari jarak dekat ke jauh terhadap keterampilan servis atas bolavoli pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler SMP N 2 Adipala tahun 2016. Fhit = 19.47 lebih besar dari Ftabel = 4.11 (F0 > Ft) pada taraf signifikasi 5%. Ada perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan servis atas bola voli antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Fhit = 30.235 lebih besar dari Ftabel = 4.11 (F0 > Ft)  pada taraf signifikasi 5%. Ada interaksi antara metode latihan drill dan jenis kelamin terhadap keterampilan servis atas bolavoli. Fhit = 4.4286 ternyata lebih besar dari Ftabel =  4.11 (F0 > Ft)   pada taraf signifikasi 5%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode latihan drill dengan menggunakan sasaran dari jarak dekat ke jauh lebih baik daripada metode latihan drill dengan menggunakan sasaran dari jarak jauh ke dekat. Keterampilan servis atas bolavoli siswa laki laki lebih baik daripada perempuan. Ada interaksi antara metode latihan drill dan jenis kelamin terhadap keterampilan servis atas bolavoli siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli SMP N 2 Adipala tahun 2016.


Kata kunci: keterampilan servis atas, jenis kelamin, drill, sasaran

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Dowes, dr., SU, AIFO, MARS
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana