Penulis Utama : Rinto Ariwibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315080
Tahun : 2017
Judul : Studi Komparabilitas Informasi Dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Prediktor Karakteristik Pemerintah Daerah, Opini Audit Tahun Sebelumnya, dan Jumlah Temuan Audit atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2010 s.d. 2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi & Bisnis-Jur. Akuntansi-F1315080-2017
Subyek : KOMPARABILITAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pemerintah daerah yang diproksikan melalui (1) ukuran pemerintah daerah, (2) jenis pemerintah daerah, (3) tingkat ketergantungan, dan (4) umur pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan ditinjau dari sudut pandang komparabilitas.
Penelitian ini juga menggunakan variabel prediktor berupa opini audit atas laporan keuangan pemerintah daerah pada tahun sebelumnya serta jumlah temuan audit untuk menyimpulkan tingkat komparabilitas laporan keuangan pmerintah daerah. Uji petik penelitian adalah laporan keuangan dari 102 pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota yang terdiri dari 510 laporan keuangan dengan periode uji petik lima tahun yaitu antara 2010 sampai dengan 2014. Penelitian melakukan assessment dalam rangka menentukan tingkat kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur pemerintah daerah berpengaruh positif terhadap tingkat comparability kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, sementara tingkat ketergantungan berpengaruh negatif terhadap tingkat comparability kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.


Kata Kunci:  komparabilitas, karakteristik, temuan, opini.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Payamta, M.Si, Ak, CPA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis