Penulis Utama : Satryo Eka Palgunadi
NIM / NIP : F1315088
×

ABSTRAK

Tax avoidance merupakan penghindaran pajak yang memanfaatkan celah yang terdapat dalam peraturan perpajakan yang bersifat legal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh return on assets (ROA), ukuran perusahaan, komisaris independen, kepemilikan insitusional, dan kompetensi ekstekutif terhadap tax avoidance. Pengukuran untuk mengukur tax avoidance adalah Current Effective Tax Rate (CurETR).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah dengan metode nonprobability sampling yaitu Teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 87 sampel penelitian selama 3 periode. Data penelitian dianalisa dengan analisis regresi panel dengan eviews 8.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance (2) return on asset (ROA) berpengaruh negatif terhadap tax avoidance (3) kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap tax avoidance (4) komisaris independen berpengaruh positif terhadap tax avoidance (5) kompetensi eksekutif tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.


Kata kunci:  ukuran perusahaan, return on asset (ROA), kepemilikan institusional, komisaris independen, kompetensi eksekutif, tax avoidance.

 

×
Penulis Utama : Satryo Eka Palgunadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315088
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Karakter Perusahaan Dan Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di Indonesia Periode 2013-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi & Bisnis-Jur. Akuntansi-F1315088-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Budiatmanto, M., Si.,Ak,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.