Penulis Utama : Teguh Prakoso
NIM / NIP : K8413068
×


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  (1)  makna  like  bagi  siswa SMAN 1 Teras; (2) upaya siswa SMAN 1 Teras untuk mendapatkan like di sosial media; dan (3) dampak like bagi siswa SMAN 1 Teras.
Sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI dengan teknik pengambilan sampel  snowball   sampling.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Dengan menggunakan teori tindakan rasional Max Weber yaitu tindakan rasional instrumental (mempertimbangkan alat dan tujuan yang ingin dicapai).
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, makna like di sosial media bagi siswa SMAN 1 Teras yaitu like merupakan prestise atau kebanggaan. Kedua, upaya yang dilakukan oleh siswa SMAN 1 Teras untuk mendapatkan like di sosial media terdiri dari upaya nyata (meminta langsung ke teman) dan upaya virtual (menggunakan hashtaq populer, dan melakukan like untuk mendapatkan like balasan). Ketiga, dampak like bagi siswa SMAN 1 Teras terdiri dari dampak nyata (mendapat masalah, dimusuhi teman, perasaan senang atau sedih akibat like) dan dampak virtual (tidak mendapat like, adanya relasi like for like).

 

×
Penulis Utama : Teguh Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413068
Tahun : 2017
Judul : Rasionalitas Like Di Sosial Media Siswa Sma Negeri 1 Teras, Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8413068-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Slamet Subagya, M.Pd,
2. Dra. Siti Rochani Ch, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.