Penulis Utama : Delfariza Amalia
NIM / NIP : M3114048
×

Abstrak

Sekaten mengandung arti, “tuntunan” yaitu sebuah nasehat yang menjadikan upacara tersebut sebagai sarana syiar agama Islam kepada masyarakat di sekitarnya. Selain itu sebagai “tontonan” atau hiburan dimana Sekaten mempunyai peran untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan sebagai sarana penarik agar masyarakat mau berkumpul dengan senang hati. Media promosi  Sekaten masih melalui informasi dari masyarakat dan dari internet dalam bentuk gambar maupun video sehingga masyarakat didalam dan luar Surakarta tidak dapat merasakan suasana Sekaten secara langsung. Oleh karena itu, dibangun aplikasi 3D Virtual Reality Grebeg Sekaten dengan tujuan membantu masyarakat merasakan pengalaman berbeda dalam menikmati acara Sekaten dimanapun berada.

Dalam pembuatan aplikasi Virtual Reality Grebeg Sekaten ini dilakukan menggunakan metode penelitian melalui obesrvasi dan wawanacara. aplikasi ini dibuat menggunakan Unity 3D Game Engine yang berbasis android untuk melakukan proses build aplikasi dan menggunakan Blender untuk permodelan objek.

Penelitian ini menghasilkan aplikasi 3D Virtual Reality Grebeg Sekaten yang bertujuan untuk membantu masyarakat merasakan pengalaman berbeda dalam menikmati acara Sekaten dimanapun berada. Dengan aplikasi ini pengguna diharapkan dapat merasakan gambaran visual terhadap suasana di area Sekaten.

Kata Kunci : virtual reality, Sekaten, Surakarta, Android, tiga dimensi animasi

×
Penulis Utama : Delfariza Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3114048
Tahun : 2017
Judul : Pembuatan 3d Virtual Reality : Pengenalan Kebudayaan Sekaten Kota Surakarta Menggunakan Unity 3D Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Prog. DIII Teknik Informatika-M3114048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firma Sahrul Bahtiar S.Kom., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.