Penulis Utama : Nur Achiri
NIM / NIP : F0113071
×

ABSTRAK


TENAGA KERJA INDONESIA DAN KEMISKINAN DI KABUPATEN KARANGANYAR STUDI PANEL DATA PADA TINGKAT DESA TAHUN 2006-2014
Oleh: NUR ACHIRI NIM. F0113071

 


Tenaga kerja Indonesia merupakan bentuk dari migrasi internasional. Migrasi internasional merupakan mobilitas seseorang atau kelompok dari daerah asal ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor pendorong (kemiskinan), faktor penghalang (industri kecil), faktor penarik (teknologi) terhadap jumlah enaga kerja Indonesia di Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel untuk melihat pengaruh dari faktor-faktor yang diteliti. Variabel penelitian terdiri dari jumlah tenaga kerja Indonesia, jumlah warga miskin, jumlah industri kecil, dan jumlah   pelanggan   listrik.   Teknik   pengumpulan   data   melalui   wawancara, observasi, dan dokumentasi pada Badan Pusat Statistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong (kemiskinan) dan faktor pengahalan (industri kecil) signifikan dan memiliki arah positif, dimana faktor pendorong (kemiskinan) dan faktor penghalang (industi kecil) memiliki pengaruh terhadap jumlah tenaga kerja Indonesia di Kabupaten Karanganyar. Sedangkan faktor penarik (teknologi) tidak signifikan dan memiliki arah negatif, sehingga tidak berpengaruh terhadap jumlah tenaga kerja Indonesia. Dalam upaya mensejahterakan warga, pemerintha daerah harus mampu melakukan pelatihan dan pembekalan terhadap calon tenaga kerja Indonesia, serta memberikan kemudahan akses bagi warga untuk menjadi tenaga kerja Indonesia. Selain itu pemerintah dapat membuka lapangan kerja dengan membantu warga mendirikan industri kecil yang mampu menyerap tenaga kerja yang ada, terutama para unskilled worker.

Kata  Kunci:  Tenaga  Kerja  Indonesia,  Kemiskinan,  Industri  Kecil,  Teknologi, Analisis Regresi Data Panel

 

×
Penulis Utama : Nur Achiri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113071
Tahun : 2017
Judul : Tenaga Kerja Indonesia Dan Kemiskinan Di Kabupaten Karanganyar Studi Panel Data Pada Tingkat Desa Tahun 2006-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi dan BIsnis-Prodi Ekonomi Pembangunan- F0113071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lukman Hakim, S.E., M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.