Penulis Utama : Karina Wulan Sayogi
NIM / NIP : D031343
×

Abstrak

Pariwisata telah menjadi salah satu industri terbesar di dunia setelah minyak bumi dan gas. Pariwisata di Indonesia sangat kompleks untuk dikembangkan menjadi wisata bahari termasuk Pantai Watukarung di Kabupaten Pacitan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata bahari, faktor pendukung dan penghambat, strategi, serta dampak dari pengembangan pariwisata Pantai Watukarung di Desa Watukarng Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Jawa Timur dengan menggunakan Teori Praktik dari Pierre F Bourdieu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi wisata khususnya potensi alam bahari berupa pantai yang terdapat di Pantai Watukarung; potensi sosial yaitu sikap rukun dan gotong-royong masyarakat; potensi ekonomi yaitu mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan dan usaha pariwisata berupa warung makan, homestay, loundry, dan pembuatan souvenir; dan potensi budaya yaitu karawitan, ketoprak, rontek, dan hadrah. Strategi pengembangan pariwisata dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga adalah fokus pada pembangunan spot utama Pantai Watukarung, sedangkan pemerintah desa dan masyarakat mengembangkan potensi dan wilayah lain yang termasuk dalam kawasan Pantai Watukarung. Faktor pendukung dalam pengembangan pariwisata adalah potensi alam yang indah berupa pantai dan ombek sekelas dunia dan potensi sosial budaya masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah aksesibilitas jalan yang sempit dan rusak, serta kurangnya pendidikan kepariwisataan. Dampak pengembangan pariwisata dari segi sosial ekonomi berpengaruh pada penghasilan dan taraf   hidup masyarakat tetapi dampak tersebut hanya dirasakan oleh masyarakat yang berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata. Dari segi sosial budaya, masyarakat menerima dan tidak begitu terpengaruh dengan budaya asing yang  masuk, hanya ada sedikit perubahan  gaya hidup khususnya anak  muda. Dampak lingkungan yang ditimbulkan adalah tumbuhnya rasa mencintai dan memiliki terhadap lingkungan, namun dengan adanya pariwisata juga menimbulkan pencemaran lingkungan dan menyempitnya kapasitas simpadan pantai.

Kata Kunci : pariwisata bahari, pantai, pengembangan, faktor pendukung, penghambat, dampak

×
Penulis Utama : Karina Wulan Sayogi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D031343
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Pariwisata Bahari (Studi Deskriptif pada Pelaku Pengembangan Pariwisata Bahari Pantai Watukarung Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Sosiologi-D031343-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Argyo Demartoto, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.