Penulis Utama : Agung Try Prayuda
NIM / NIP : C0512004
×

ABSTRAK

AGUNG TRY PRAYUDA. C.0512004. 2017. Peran Pemerintah Terhadap Produksi Film Nasional 1965-1970. Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini membahas tentang Peran Pemerintah Terhadap Produksi Film Nasional Tahun 1965-1970. Peran yang dilakukan pemerintah terhadap produksi film dilatarbelakangi oleh peristiwa menurunnya produksi film nasional yang diakibatkan oleh film impor dan tekanan politik yang masuk kedalam dunia perfilman nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang melatarbelakangi terhambatnya perkembangan perfilman nasional dan apa dampak dari faktor yang menyebabkan terhambatnya perkembangan perfilman nasional serta mengetahui peran pemerintah dalam meningkatkan produksi film nasional pada tahun
1965-1970.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat tahap yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, yaitu heuristik atau pengumpulan sumber, yaitu pengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui penelusuran dokumen serta studi pustaka yang terkait dengan dunia perfilman nasional. Tahap kedua adalah verifikasi atau kritik sejarah, yaitu memeriksa keaslian dan validitas sumber yang diperoleh. Tahap ketiga adalah interpretasi berupa penafsiran terhadap data yang diperoleh sehingga didapat fakta-fakta sejarah. Tahap keempat penulisan atau historiografi, yaitu menyajikan fakta-fakta yang telah diperoleh dalam bentuk tulisan sejarah.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan terhambatnya perkembangan perfilman nasional dilatarbelakangi oleh masuknya film impor  yang  berhasil  memonopoli  bioskop-bioskop  di  Indonesia  sehingga  film nasional tidak mendapat tempat dalam menyajikan hasil karyanya. Selain film impor, keadaan politik pada tahun 1957 yang menjadikan film sebagai alat penyampaian konsep pemikirian suatu golongan yang berkuasa saat itu menjadikan orang-orang film terbagi dua dalam konsep pemikiran di dunia film. Hingga tahun 1965, keadaan dunia film belum membaik sampai terjadinya peristiwa Gestapu. Dengan terjadinya peristiwa tersebut, pemerintah Orde Baru memberantas semua unsur komunis untuk menstabilkan keadaan yang tidak kondusif tersebut. Pasca Gestapu, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membantu dunia perfilman dalam hal meningkatkan jumlah produksi film nasional. Kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah terbukti berhasil meningkatkan produksi film nasional pada tahun 1970 bersamaan dengan dibuatnya film berwarna pada tahun itu. Tahun 1970 produksi film meningkat jauh dari sebelumnya yang bisa dibilang pada tahun ini dunia perfilman mulai bangkit dari keterpurukannya.

Kata kunci: Film, Pemerintah, Produksi, Nasional

 

×
Penulis Utama : Agung Try Prayuda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0512004
Tahun : 2017
Judul : Peran Pemerintah Terhadap Produksi Film Nasional Tahun 1965 - 1970
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Budaya-Akuntansi- C.0512004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waskito Widi Wardojo, S.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.