Penulis Utama : Dewi Wulandari
NIM / NIP : K6413020
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil analisis instrumen penilaian keterampilan kewarganegaraan siswa kelas X IPS mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sukoharo pada semester II; (2) kendala guru dalam menyusun instrumen penilaian keterampilan kewarganegaraan siswa; dan (3) solusi untuk mengatasi kendala guru dalam menyusun instrumen penilaian keterampilan kewarganegaraan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sample. Subjek penelitian ini meliputi guru mata PPKn kelas X dan siswa kelas X IPS. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik studi dokumen, wawancara, tes lisan dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, instrumen penilaian keterampilan intelektual kewarganegaraan siswa yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran PPKn kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo pada semester II kurang memenuhi validitas isi dan validitas konstruk sebab kurang mampu mencerminkan domain isi yang telah ditetapkan sebelumnya dan tidak mengukur konstruksi teoritis tentang kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi, kemampuan mengambil dan mempertahankan pendapat. Sedangkan instrumen penilaian keterampilan partisipasi kewarganegaraan yang dibuat oleh guru mata pelajaran PPKn telah memenuhi validitas isi sebab telah mengukur domain isi yang telah ditetapkan semula. Akan tetapi instrumen penilaian partisipasi kewarganegaraan tersebut kurang memenuhi validitas konstruk sebab tidak mampu mengukur konstruksi teoritis tentang kemampuan memantau dan kemampuan mempengaruhi. Kedua, kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran PPKn dalam menyusun instrumen penilaian keterampilan kewarganegaraan siswa sebenarnya terletak pada tingkat kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh guru itu sendiri dalam menyusun instrumen. Ketiga, solusi untuk mengatasi kendala guru dalam menyusun instrumen penilaian keterampilan kewarganegaraan siswa dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam hal menyusun instrumen penilaian, yakni melalui supervisi akademik/ supervisi pendidikan. Supervisi akademik perlu dilakukan secara terprogam, terstruktur dan berkelanjutan melalui pembinaan orang yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi seperti kepala sekolah ataupun seseorang yang ahli/ profesional dalam bidang penilaian pembelajaran kewarganegaraan.

Kata Kunci : instrumen penilaian pembelajaran, keterampilan intelektual kewarganegaraan, keterampilan partisipasi kewarganegaraan

×
Penulis Utama : Dewi Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413020
Tahun : 2017
Judul : Analisis Penilaian Keterampilan Kewarganegaraan Siswa Kelas X IPS Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di SMA Negeri 1 Sukoharjo pada Semester II Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muh. Hendri Nuryadi. S.Pd.,M.Sc.
2. Wijianto. S.Pd.,M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.