Penulis Utama : Elsa Ayuningtyas
NIM / NIP : K4413022
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perencanaan Pembelajaran IPS kelas VIII TahunPelajaran 2016/2017 di SMP SasaranKurikulum 2013 Kabupaten Purworejo SMP Negeri 17  Purworejo,  (2)  Pelaksanaan  Kegiatan  Pembelajaran  IPS  kelas  VIII  Tahun  Pelajaran 2016/2017 di SMP Sasaran Kurikulum 2013 Kabupaten Purworejo SMP Negeri 17 Purworejo, (3)  Proses  Penilaian  dan  Hasil  Belajar  Pembelajaran  IPS  Kurikulum  2013  SMP  Negeri  17 Purworejo.
Bentuk penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini digunakan studi kasus terpancang tunggal. Sumber data yang digunakan adalah sumber benda, tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Dalam penelitian ini, untuk mencari validitas data digunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak di antara empat komponen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan, yang berlangsung secara siklus.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pelaksanaan Perencanaan Pembelajaran IPS di SMP Negeri 17 Purworejo sudah berjalan dengan baik. Guru IPS sudah menyusun  RPP  dan  Silabus  sebelum  pembelajaran  berlangsung  di  awal  semester  sebagai pedoman pembelajaran serta pelengkap administrasi. (2) Pelaksanaan Pembelajaran IPS dengan pendekatan Saintifik sudah dilaksanakan tetapi belum maksimal, Guru IPS menggunakan model pembelajaran dengan Kurikulum 2013. (3) Penilaian proses dan hasil belajar dalam Kurikulum
2013 sudah berjalan dengan baik, Guru IPS sudah menilai proses maupun hasil belajar siswa dijalankan secara berkelanjutan.

Kata Kunci : analisis, Pembelajaran IPS, Kurikulum 2013

×
Penulis Utama : Elsa Ayuningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413022
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMP Sasaran Kurikulum 2013 Kabupaten Purworejo (SMP Negeri 17 Purworejo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd
2. Drs. Saiful Bachri, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.